Connect with us

Politik

Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Dipublikasikan

-

Suri Sahriah Mahmud

KendariMerdeka.com – Tiga partai pemilik suara di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari memberi sinyal bakal segera memutuskan pilihan Wakil Wali Kota (Wawali). Ada dua kandidat, Adi Jaya Putra (AJP) dan Siska Karina Imran.

Siska Karina Imran adalah istri dari Adriatma Dwi Putra (ADP). Adriatma diketahui, menjadi Walikota Kendari yang ditangkap KPK terkait kasus korupsi di Kota Kendari pada 2018.

Kasus yang membelit Adriatma, diketahui terkait proyek pembangunan jalan lingkar di Kota Kendari. Bukan hanya Adriatma, mantan Walikota Kendari, Asrun juga ikut ditangkap KPK dan dibawa ke Jakarta.

Asrun, diketahui juga berstatus sebagai ayah ADP. Saat KPK menangkap ayah dan anak ini, ikut serta dua orang lainnya yang sudah ditetapkan tersangka. Keduanya berstatus sebagai kontraktor dan staf di Pemkot Kendari.

Ketiga partai itu yang berpeluang akan mengusung Siska Karina Imran yakni, Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Tiga partai ini tergabung dalam satu fraksi DKI. Suara sah yang dimiliki ketiga koalisi ini berjumlah 5 suara yang bakal diperebutkan AJP dan Siska Karina Imran.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC Partai Demokrat Kota Kendari Suri Syahriah Mahmud memberi sinyal bakal menjatuhkan pilihan kepada anak Bupati Konawe Selatan (Konsel) itu lantaran AJP masif membangun komunikasi dan melakukan pendekatan, terutama ke Demokrat yang memilih 2 kursi di legislatif.

“Dari ke dua calon ini yang paling intens komunikasi politiknya yaitu AJP, dan yang paling bagus komunikasi politiknya ya AJP. Itu yang menjadi pertimbangan Demokrat,” ujar Suri Syahriah Mahmud di salah satu Warkop di Kendari, Rabu (29/1/2020).

Meski Siska Karina juga melakukan lobi-lobi politik, namun, Suri memandang AJP paling masif. Kendati begitu, keputusan untuk menyatakan pilihan belum final, sebab masih akan dilakukan rapat bersama kolisi tiga partai itu.

“Dalam waktu dekat kami akan rapat dengan koalisi DKI ini. Di sana nanti akan menetapkan pilihan, tiga partai ini satu paket, satu suara,” katanya.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perindo, Nekwan mengaku penentuan pilihan kepada salah satu Cawawali Kendari, perlu dilakukan secapatnya lantaran surat rekomendasi dua Cawawali telah diserahkan oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir ke DPRD, Selasa (28/1/2020).

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Sehingga memurut Nekwan, partai koalisi DKI harus secepatnya mengambil sikap. Untuk itu, kata dia, partai harus segera menggelar rapat untuk menentukan arah koalisi kepada salah satu kontestan.

“Dalam waktu dekat ini kita akan rapat memanggil anggota fraksi di koalisi DKI nanti. Dari hasil rapat yang telah disepakati, kami akan mengumumkan secara resmi DKI mendukung AJP atau Siska,” terang Nekwan saat dihubungi melalui WhatsApp.

Politisi partai besutan Hary Tanoe ini mengakui ke dua kandidat cawawali itu sudah melakukan komunikasi politik kepada masing-masing partai koalisi DKI. Tetapi, seharusnya, komunikasi itu dilakukan secara bersamaan bukan ke masing-masing partai.

“Komunikasinya bukan pada personal partai, namun komunikasinya langsung di tiga partai ini, jadi kita bisa tahu apa perkembangannya. Intinya yang kami dukung nantinya, itu adalah kesepakatan bersama DKI,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kota Kendari Rahman Tawulo menegaskan, secara kepartaian, pihaknya belum akan menentukan kemana pilihannya akan berlabuh sebelum visi-misi dua kandidat belum dipaparkan.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

“Kita akan menentukan sikap setelah ada visi-misi mereka (AJP dan Siska Karina Imran), bagaimana ke depan, bagaimana nanti kalau mendampingi wali kota, untuk sekarang belum ada,” ucap Rahman Tawulo saat dihubungi melalui telepon.

Setelah dilakukan pemaparan visi-misi, tutur anggota DPRD Kendari ini, ke tiga partai koalisi ini langsung menggelar rapat untuk menentukan siapa yang bakal dipilih. Soal komunikasi politik, PKB punya penilaian yang berbeda.

“Secara partai juga belum ada (pilihan). Itu kan penilaian masing-masing (AJP lebih masif lakukan pendekatan), karena kalau untuk saya, bagus dua-duanya,” ujarnya

Rahman memastikan, keputusan yang diambil nantinya, keputusan untuk memberikan suara ke pada salah satu kandidatnya bakal solid dan satu suara.

Sejauh ini, Siska Karina Imran didukung oleh Partai Amanat Nasional. Namanya, diusulkan untuk mengisi kekosongan kursi wakil walikota Kendari yang sudah berlangsung selama 2 tahun.(tim)

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Klik untuk Komen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

PKB Dukung Aswadi Adam-Fahrul Muhammad di Pilkada Buton Utara

Penulis: Hamid

Dipublikasikan

-

Oleh

KENDARIMERDEKA, Kendari – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan dukungan kepada Aswadi Adam-Fahrul Muhammad untuk maju di Pilkada Buton Utara 2020.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sulawesi Tenggara, Jaelani, Senin 06 Juli 2020.

Jaelani menyebut bahwa penetapan Aswadi Adam dan Fahrul Muhammad sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Butur telah ditetapkan oleh DPP dalam sebuah surat keputusan (SK) Nomor 2840/DPP/01/VI/2020.

“SK-nya telah keluar dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Hasanudin Wahid,” seperti yang disampaikan Jaelani dalam keterangan tertulisnya.

Keputusan DPP PKB ini terbilang mengejutkan karena terdapat beberapa nama yang ikut mendaftar untuk mendapatkan pintu PKB di Pilkada Butur. Di antaranya adalah petahana Abu Hasan dan Ridwan Zakariah yg juga intens membangun komunikasi.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Pria yang akrab disapa Bang Jay ini menyebut bahwa banyak pertimbangan DPP hingga pilihannya jatuh kepada Aswadi Adam dan Fahrul.

Salah satu pertimbangan DPP memilih pasangan ini karena Aswadi Adam siap maju dan menggandeng kader PKB Fahrul Muhammad di Pilkada Butur.

“Kebetulan Fahrul ini adalah kader dan pengurus DPW PKB Sultra,” jelasnya.

Selain itu, pertimbangan lainnya adalah DPP PKB memilih tokoh muda agar bisa melakukan perubahan secara signifikan di Buton Utara.

Bang Jay juga mengaku bahwa PKB melihat realitas politik yang ada tentang pasangan balon Aswadi dan Fahrul ini bisa melakukan konsolidasi yang cepat di tengah masyarakat.

“Mereka sudah jauh hari mewacanakan untuk maju di Pilkada Butur. Ini menjadi salah satu kredit poin,” katanya.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Terhadap keputusan DPP PKB ini, menurut beliau, seluruh pengurus baik dari tingkat DPW, DPC, DPAC hingga ranting untuk bekerja full memenangkan pasangan Aswadi Adam-Fahrul Muhammad.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca

Politik

PKB Dukung Surunuddin Dangga-Rasyid Maju Pilkada Konsel

Penulis: Hamid

Dipublikasikan

-

Oleh

Jaelani Ketua DPW PKB Bersama Surunuddin Dangga

KendariMerdeka.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengeluarkan surat keputusan (SK) dukungan kepada Surunuddin Dangga berpasangan dengan Rasyid untuk maju di Pilkada Konawe Selatan 2020.

Dukungan terhadap pasangan Surunuddin-Rasyid ini tertuang dalam surat keputusan DPP PKB Nomor 2841/DPP/01/VI/2020.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Sulawesi Tenggara Jaelani menyatakan, secara kelembagaan, PKB konsisten dengan tahapan pilkada. Dimana, sebelum pendaftaran calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menentukan bakal calon yang akan diusung di Pilkada.

“Saat ini, baru Konawe Selatan yang diputuskan DPP. Dalam beberapa hari ke depan akan menyusul daerah lain yang menggelar pilkada,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis 2 Juli 2020.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Ia menyebut, dari beberapa partai yang memiliki kursi di DPRD Konsel, PKB merupakan partai pertama yang merekomendasikan calon di Pilkada Konsel.

Jaelani menyebut, dukungan PKB di Pilkada 2020 mengacu pada realitas politik di masyarakat dan tentunya elektabilitas calon.

“Kenapa harus mendukung Surunudin dan Rasyid karena memiliki kesamaan visi dan melihat realitas politik di masyarakat,” jelasnya.

Terhadap keputusan DPP ini, lanjut pria yang akrab disapa Bang Jay ini, seluruh kader di bawah mulai dari pengurus tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ranting untuk bekerja ful memenangkan pasangan Surunuddin-Rasyid.

“Meminta kepada semua struktur PKB, DPRD sampai ranting untuk bahu membahu dalam pemenangan Surunuddin-Rasyid,” jelasnya.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Di DPRD Konsel, PKB memiliki dua kursi dari total 35 kursi. Surunuddin-Rasyid butuh tambahan lima kursi lagi untuk bisa maju di Pilkada Konsel. Melihat realitas politik dan partai, Surunuddin berpotensi diusung Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca

Politik

Yudhianto Mahardika Jemput Keluhan Masyarakat Kecamatan Kambu

Penulis: Hamid
Editor: Ahmad

Dipublikasikan

-

Oleh

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Fraksi Gerindra, Yudhianto Mahardika, melakukan reses masa sidang ll di Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Rabu (3/6/2020).

KendariMerdeka.com, Kendari – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Fraksi Gerindra, Yudhianto Mahardika, melakukan reses masa sidang ll di Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Rabu (3/6/2020).

Reses ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol Covid-19, dimana setiap warga yang hadir wajib diperiksa suhu tubuhnya, mencuci tangan, serta duduk dengan jarak yang diatur sesuai anjuran physical distancing oleh petugas penyelenggara.

Bertempat di Lapangan futsal Tawang alun, Kecamatan Kambu Kota Kendari, Yudhianto mengundang pemerintah kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan organisasi kepemudaan untuk manyampaikan aspirasinya masing masing.

Dari beraga aspirasi yang ditampung dari masyarakat. Diantaranya, bantuan air bersih, pembangunan Masjid, pembenahan sistem drainase, hingga pembuatan lampu jalan dan pembuatan lapangan bola voli.

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Menanggapi banyaknya aspirasi dari masyarakat Padaleu, Yudhianto berjanji akan memperjuangan semua aspirasi yang disampaikan warga.

“Terkait aspirasi warga saya akan perjuangkan dan apabila di mana aspirasinya ini ada wewenang beberapa kebijakan Pemerintah Kota. Seperti pengaspalan dan pemasangan lampu jalan, saya akan membawa masalah ini ke pihak kota untuk mencari solusinya. Nanti akan saya agendakan pertemuan dengan pihak kota, khususnya dengan pak walikota dan saya juga akan membawanya ke anggota DPRD terutama,” jelas Yudhi.

Yudhi juga mengatakan, dalam waktu dekat ia akan merealisasikan terkait penyediaan infrastruktur dan pebaikan drainase.

“Besok saya akan mulai melalkukan perjalann keliling padaleu untuk mensurvei tempat tempat dan kita liat kalau bisa kita langsung kerja kita kerjakan,” tegasnya

Baca Juga:  Klarifikasi Suri Syahriah Soal Berita Satu Nama Calon Wakil Walikota Kendari, Istri Napi Korupsi

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca
Advertisement        

ARSIP BERITA

Trending

Copyright © 2020 KendariMerdeka.Com

var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,4392949,4,1,120,40,00011111']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); counter hit make