Connect with us

Politik

Reses DPRD di Kampung Halaman, Ini PR Nurlin Surunudin

Penulis : Redaksi
Editor : Redaksi

Published

on

Hj Nurlin Surunudin saat menggelar reses di Konawe Selatan.

KendariMerdeka.com – Anggota DPRD Sultra dari Fraksi Golkar Hj Nurlin Surunuddin, menggelar reses di Desa Ranooha Raya Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Minggu, (02/02/2020). Dia dikerumuni warga, yang masih selalu setia menemui istri Bupati Konsel itu saat melakukan kunjungan ke desa mereka.

Wilayah yang dihuni mayoritas nelayan, Nurlin Surunudin banyak mendengar keluhan dari simpatisan yang sehari-hari banyak bekerja di laut. Masalah mereka juga tak jauh-jauh dari kendala yang ditemui saat beraktivitas di laut.

Kepala Desa Ranooha Raya, Marhalim mengatakan, warganya beruntung didatangi Hj Nurlin Surunuddin sebagai anggota DPRD Sultra. Dia bercerita, warganya bermukim di pinggir laut dan bekerja sebagai nelayan, tentunya segala keterbatasan dimiliki oleh warga.

“Pada kesempatan ini, kami berharap pemerintah Provinsi melalui DPRD dapat membantu Desa Ranooha Raya untuk membuatkan atau membangun talud penahan ombak dipinggir laut yang langsung berbatasan dengan pemukiman warga,” katanya.

Alasannya, ada 19 unit rumah warga yang mengalami kerusakan berat karena ombak laut. Selain itu, mereka warga tak mampu dan butuh rumah layak huni.

“Potensi nelayan di Ranooha Raya cukup menjanjikan khususnya budi daya lobster, hanya saja karena keterbatasan nelayan potensi tersebut belum tergarap dengan baik,” katanya.

Warga yang menyampaikan aspirasi, cukup antusias. Penyebabnya, selain sebagai wakil rakyat yang duduk di Komisi I, Hj Nurlin Surunuddin juga sebagai istri Bupati Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga dan menjabat sebagai ketua Tim PKK Konsel.

Tokoh masyarakat desa, Irmadi Raharja ikut bercerita, pemuda di wilayahnya juga butuh olahraga dan rekreasi. Sehingga, pembangunan lapangan sepak Bola Moramo dan Lapuko yang telah dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi, bisa segera dituntaskan.

“Dalam kesempatan ini kami meminta kepada ibu Hj Nurlin, kiranya lapangan sepak Bola yang ada di Lapuko dan Moramo untuk dilanjutkan pengerjaannya. Pasalnya lapangan tersebut pasca digusur, hingga kini belum ada kelanjutan pekerjaannya dan tentunya kami berharap ini dikerjakan oleh pemerintah Provinsi,”pintanya.

Hj Nurlin Surunuddin yang mendengarkan aspirasi warga di kegiatan reses tersebut menyampaikan bahwa, apa yang disampaikan telah menjadi catatan bagi kami anggota DPRD Sultra untuk kemudian disampaikan dalam rapat rapat atau sidang sidang di DPRD untuk kemudian diajukan kepada Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi atau langsung kepada Gubernur Sultra melalui pimpinan DPRD Sultra.

“Apa yang menjadi aspirasi warga, baik itu permintaan bantuan pembagunan talud pemecah ombak, alat tangkap nelayan, perumahan layak huni, pembangunan lapangan sepak bola yang menjadi kewenangan Provinsi tentunya akan dijembatani oleh kami selaku wakil rakyat,”ujarnya dihadapan ratusan warga yang memadati Balai Desa Raooha raya.

Anggota DPRD dari Partai Golkar Dapil Konsel-Bombana itu menambahkan, selain menjembatani aspirasi masyarakat, juga akan menyampaikan dalam rapat rapat di DPRD agar kiranya untuk saling koordinasi dan sharing antara Pemprov dan Pemerintah Kabupaten terkait apa yang menjadi keluhan dan permintaan masyarakat.

“Insyaallah apa yang disampaikan dalam forum ini juga disampaikan kepada pemerintah Provinsi, termasuk kepada Pemerintah Kabupaten. Untuk itu kepada masyarakat diharapkan kesabarannya dan doanya, kiranya apa yang diaspirasikan dapat terjawab dan terlaksana dengan segera,”katanya.

Anggota Komisi I DPRD Sultra itu menambahkan, Reses yang dilaksanakan dimasa sidang tersebut sudah untuk kali ketiganya di Ranooha Raya. Sebelumnya sudah dilaksanakan di dua tik yakni di Kecamatan Wolasi dan Kecamatan Basala pada tanggal 30 Desember lalu.

Untuk diketahui dalam  kegiatan reses yang dilaksanakan oleh Hj Nurlin Surunuddin di Desa Ranooha Raya juga dihadiri kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Konawe Selatan Samsul SP, M.SI, Camat Moramo Benhur Karim, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Konawe Selatan Hasnawati dan kepala Desa Ranooha Raya Marhalin.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

DPC PDIP Kota Kendari Siap Tarung di Pilwali 2024

Published

on

Ketua DPC PDIP Kota Kendari, Ishak Ismail.

KENDARI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Kendari, semakin siap dalam menghadapi Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari pada 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kendari, H Ishak Ismail disela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan V di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Ancol Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024.

“Kita, PDI Perjuangan Kota Kendari siap tarung dalam Pilwali ini, ” Tegas H Ishak Ismail.

Ia menjelaskan bahwa tahapan penentuan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari periode 2024-2029 masih on the track, menunggu hasil survey yang akan dilakukan pada Bulan Juli mendatang. Setelah itu, sambung Ishak Ismail, masih ada tahapan Fit dan Proper Tes yang akan dilakukan DPP.

“Saya juga masih mengikuti tahapan sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari sama seperti yang lain, ” Katanya.

Anak Lorong sapaan akrab H Ishak Ismal, juga menjelaskan dari hasil diskusi dalam rangkaian Rakernas V bahwa selain survey juga akan dilihat variabel lainya, misalnya tentang kesiapan calon, Visi Misi Lima (5) tahun kedepan.

“Masih ada variabel lain selain survei, seperti Kesiapan, dan Visi Misi 5 tahun, kira-kira mau di bawa kemana dan seperti apa kota Kendari nantinya, ” Tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Jetua Desk Pilkada PDI Perjuangan Kota Kendari, La Ode Saimin, bahwa sebagaimana yang kita ketahui, proses pendaftaran Balon walikota oleh tim Desk Pilkada kota Kendari telah selesai, dari sekian figur yang  telah mendaftar masih ada beberala figur yang dianggap kurang serius.

“Beberala figur kami anggap kurang serius, sebab apa yang kita sepakati bersama terkait dengan pembiyaan survey belum dipenuhii, jadi mohon maaf kami di DPC PDI Perjuangan Kota Kendari akan mengevaluasi sebelum survey dilaksanakan dalam waktu dekat ini, ” tegas La Ode Saimin.

Continue Reading

Politik

Pertemuan Lukman Abunawas dan La Ode Ida Sinyal Duet di Pilgub Sultra 2024

Published

on

Lukman Abunawas dan La Ode Ida.

KENDARI – Bakal calon (Balon) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas (LA) intens melakukan komunikasi politik dengan sejumlah tokoh ternama. Salah satunya, yang dijajaki yaitu La Ode Ida.

Diketahui, Lukman Abunawas dan La Ode Ida baru-baru melakukan pertemuan disalah satu restoran di Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2024) malam.

Lukman Abunawas mengatakan, dirinya bertemu dengan La Ode Ida dalam rangka menjalin silaturahmi sebagai sahabat, dan politisi, meski berbeda bendera partai.

“Benar, saya dan Pak La Ode Ida baru bertemu, menjalin silaturahmi sesama dari Sultra. Dan kami sudah beberapa kali berjumpa,” ujar dia kepada awak media ini.

Selain itu, Lukman Abunawas mengaku, banyak hal yang dibahas saat bertemu dengan La Ode Ida. Satu diantaranya mengenai Pilgub Sultra yang mana tinggal menyisahkan beberapa bulan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Kami sepakat, dan berkomitmen Insyaallah akan membawa Sultra ke arah yang lebih maju menuju Sultra emas,” ucap mantan Wakil Gubernur Sultra itu.

Ditanya soal kans berpasangan dengan La Ode Ida di Pilgub Sultra, Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra ini tidak menampik jika keduanya sedang membangun chemistry untuk maju bersama di Pilgub Sultra, baik sebagai calon maupun wakil.

Menurutnya, dirinya dan La Ode Ida adalah simbol konfigurasi perwakilan daratan dan kepulauan, yang tidak akan pernah lepas dari hegemoni politik di Sultra. Sebab,  kekuatan merebut dan menjadi jawara di Pilgub Sultra, mesti ada perpaduan dari daratan dan kepulauan, dan begitupula sebaliknya.

Kendati demikian, Lukman menegaskan, politik ini sifatnya dinamis, dan tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia politik, apalagi hubungan dirinya dengan politisi PKS tersebut, cukup baik dan memiliki pemikiran yang sama dalam membangun Sultra menjadi lebih baik.

“Jika Allah SWT meridhoi niat baik kami, ya Insyaallah kami akan berpasangan di Pilgub Sultra 2024, dan kami meminta doa dan restu dari masyarakat Sultra,” tukasnya.

Continue Reading

Politik

DPP LAM Siap Menangkan Lukman Abunawas di Pilgub Sultra Melalui Suara Milenial

Published

on

Lukman Abunawas.

KENDARI – Lukman Abunawas (LA), merupakan salah satu calon yang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 27 November 2024 mendatang.

Keinginan Lukman Abunawas merebut kursi nomor wahid di Bumi Anoa ini, banyak didukung dari berbagai kalangan, salah satunya, kaum milenial dan Gen Z yang menamakan diri sebagai Lukman Abunawas Milenial (LAM).

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LAM, Adi Maliano mengatakan, alasan mereka mendukung mantan Wakil Gubernur Sultra ini, karena dinilai mampu menjawab kebutuhan kaum milenial dan Gen Z.

Sehingga tidak ada alasan lain untuk tidak mendukung dan memenangkan Lukman Abunawas di Pilgub Sultra. Terlebih lagi,  pengalaman politik dan di birokrasi Lukman Abunawas, sudah bisa dikatakan paripurna.

“Mewakili kaum milenial dan Gen Z, kami menyatakan mendukung penuh langkah politik Pak Lukman Abunawas, dan kami siap memenangkan beliau di Pilgub Sultra,” ujar dia, Rabu (22/5/2024).

Adi Maliano menuturkan, saat ini, DPP LAM sedang melakukan konsolidasi pembentukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LAM di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Tercatat, DPD LAM baru terbentuk di dua kabupaten yakni Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Kolaka.

Pembentukan DPD LAM, sendiri tidak lain untuk memasifkan pergerakan politik Lukman Abunawas, guna mendulang dukungan dari kaum milenial dan Gen Z, yang dipastikan menjadi kelompok pemilih terbesar pada di Pilgub Sultra nanti.

“Jika kalau sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota, maka tugas-tugas DPD LAM ini, merekrut dan mengajak kaum milenial dan Gen Z mendukung dan memenangkan Pak Lukman Abunawas,” jelas Adi.

Selain wadah pemenangan, tambah dia,  pembentukan LAM juga bertujuan untuk menjadi rumah bagi generasi milenial dan Gen Z dalam mengoptimalkan potensi, peran, serta sumber daya generasi muda yang dimiliki Sultra.

“Diharapkan dengan adanya LAM Sultra ini menjadi wadah bagi milenial aktif dalam ruang politik,” pungkasnya.

Continue Reading

Trending