Connect with us

Ekobis

PMKRI Sebut Pembangunan Smelter PT Tiran Menjadi Solusi Tenaga Kerja Lokal

Penulis: Rinaldy

Published

pada

Karlianus Poasa Ketua Lembaga Energi Dan Sumberdaya Alam PP PMKRI.

KENDARIMERDEKA.COM – Rencana pembangunan pabrik pemurnian nickel (smelter) PT Tiran di Konawe Utata, terus mendapatkan dukungan dari elemen masyarakat dan mahasiswa. Terbaru, perusahaan yang fokus pada pemanfaatan sumberdaya lokal ini mendapat apresiasi Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PP PMKRI).

Pembangunan smelter dipercaya akan membuka lapangan kerja seluas luasnya yang diperuntukan kepada tenaga kerja lokal, sebab hal itu akan mengurangi angka pengangguran yang terus meningkat.

“Prinsipnya selama untuk kepentingan masyarakat lokal dan tujuannya baik, kita akan dukung langkah yang dilakukan oleh PT Tiran,” ujar Karlianus Poasa Ketua Lembaga Energi Dan Sumberdaya Alam PP PMKRI, Kamis (8/7/2001).

Secara tegas, Alumni Fakultas Hukum Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) ini meminta kepada PT Tiran untuk lebih fokus pada pemberdayaan tenaga lokal.

Baca Juga:  Tiran Group Teken Kontrak Jual Beli Listrik dengan PLN dan Kontrak Pembangunan Smelter Nikel

“Kita menolak jika tenaga kerja asing yang diutamakan/diistimewakan, sudah waktunya masyarakat pribumi menjadi tuan di negaranya sendiri, kita yang punya sumberdaya alamnya, dan kita percaya masyarakat kita punya kemampuan yang tidak kalah dengan tenaga kerja asing,” tegasnya.

Mantan Ketua PMKRI Kendari ini, selaku Tokah Pemuda yang berasal dari Sulawesi Tenggara yang saat ini berkiprah ditingkat nasional, mengatakan jika hal tersebut terlaksana maka pasti akan berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan peningkan ekonomi daerah.

“PT Tiran harus menjadi pembeda, dan kami yakin semua pihak akan menyambut baik rencana yang baik untuk mendirikan pabrik ini,” lanjut pria yang disapa Charli ini.

Baca Juga:  IMM Sultra Apresiasi Penuh Pembangunan Smelter Oleh Tiran Group

Terkait izin pembangunan pabrik ini sendiri telah dilengkapi dan tertuangbahwa izin PT.Tiran lengkap dan tertuang dalam IPPKH No SK.301/KLHK/Setjen/PLA.0/6/2021. Dan izin IUP P No. 255/I/IUP/2021.

Demikian dibenarkan oleh Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dinas ESDM Sultra menegaskan bila kelengkapan izin PT. Tiran Mineral sudah ada dan lengkap.

Sebagai informasi Tiran Grup telah melakukan investasi besar-besaran dalam suatu Kawasan Industri berbasis smelter nikel. Sebagai tahap pertama, perusahaan rising star yang sedang tumbuh pesat di wilayah timur Indonesia ini telah menandatangani kontrak pembangunan satu dari empat line smelter senilai Rp4,9 triliun antara PT Andi Nurhadi Mandiri (ANDM) dengan Tonghua Jianxin Technology Co. Ltd asal China.

Baca Juga:  Tiran Group Salurkan 10 Ekor Hewan Kurban di Konut

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Berita

Aktivitas Tambang Batu di Ladongi Koltim Di-Police Line

Penulis : Syukur

Published

pada

By

KENDARIMERDEKA.COM, Koltim – Aktivitas tambang batu yang terletak di Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur dipasangi police line.

Informasi yang dihimpun dari sumber Kendarimerdeka.com, police line itu dilakukan oleh Ditreskrimsus Polda Sultra, Kamis (12/8/2021) saat proses tambang batu tersebut sedang beraktivitas.

Sumber menyebutkan, di lokasi tersebut terdapat alat berat dan dump truk sedang beroperasi.

Beberapa alat berat dan dump truk juga tak luput dari pemasangan garis polisi yang berarti sedang dalam proses penyelidikan pihak berwenang.

Belum diketahui secara pasti, apa musabab garis polisi itu dipasang. Informasinya aktivitas pertambangan batu tersebut berhenti.

Sumber lain yang ditemui Kendarimerdeka.com menyebutkan, aktivitas tambang batu tersebut berada di Desa Putemata, Desa Lalosula, dan Desa Wekondo.

Baca Juga:  IMM Sultra Apresiasi Penuh Pembangunan Smelter Oleh Tiran Group

Namun, sumber menyebutkan bahwa tambang batu tersebut tidak memiliki Izin dan merupakan penyuplai batu pembangunan bendungan ladongi.

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan yang dikonfirmasi terkait penyegelan tersebut belum memberi keterangan.

Ferry mengaku masih akan berkoordinasi dengan pihak Ditreskrimsus. “Bidang Humas belum dapat info dari Krimsus. Saya konfirmasi dulu ke Krimsus ya,” ujar Ferry saat dihubungi Jumat (13/8) petang.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Ekobis

PT Riota Jaya Lestari Salurkan 5 Ekor Sapi Kurban di Kolut

Penulis: Rynaldi

Published

pada

By

PT Riota Jaya Lestari melalui melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi, Selasa(20/7/2021).

KENDARIMERDEKA.COM – Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 PT Riota Jaya Lestari melalui melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi, Selasa(20/7/2021).

Muhammad Awaluddin, selaku Humas PT Riota Jaya Lestari menyerahkan 5 ekor sapi kepada panitia kurban untuk dilakukan penyembelihan secara islami, secara sadar merasa terpanggil untuk meneladani pengorbanan Nabi Ismail As.

Awaludin berharap, PT Riota Jaya Lestari dapat melakukan kurban setiap tahunnya dalam memperingati Hari Raya Idul Adha.

“Pada kesempatan ini pemotongan kurban akan kita bagi untuk masyarakat sekitar kantor serta masyarakat sekitar lokasi aktivitas pertambangan PT Riyota Jaya Lestari, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Awal, Selasa(20/7/2021).

Setelah penyembelihan, management PT Riota Jaya Lestari bersama masyarakat melakukan pembagian daging masing-masing 1 kilogram kepada warga kurang mampu yang disebar di beberapa desa yang berada sekitaran kantor juga sekitaran Aktivitas pertambangan PT Riota Jaya Lestari.

Baca Juga:  Tiran Group Teken Kontrak Jual Beli Listrik dengan PLN dan Kontrak Pembangunan Smelter Nikel

“Ini kesempatan bulan Idul Adha. Dimana perusahaan niat berbagi rezeki untuk masyarakat sekitar agar pemberian daging korban Tahun ini dari PT Riyota Jaya Lestari bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Ekobis

IMM Sultra Apresiasi Penuh Pembangunan Smelter Oleh Tiran Group

Penulis: Rinaldy

Published

pada

By

KENDARIMERDEKA.COM – Rencana Pembangunan Smelter atau pabrik pemurnian Nickel di Konawe Utara yang akan di prakarsai oleh Tiran Group telah meraih simpati yang luas serta dukungan yang besar dari berbagai kalangan, salah satunya dukungan tersebut hadir dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang bilamana, jika itu dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta Income Ekonomi Masyarakat pribumi atau setempat maka IMM Sultra mendukung Penuh proses pembangunan smelter tersebut, Rabu 7 Juli 2021.

Ketua Umum DPD IMM Sultra, Marsono sangat mensupport langkah mulia yang di lakukan Tiran Group yang berencana membangun smelter di Konawe Utara tersebut.

“Pembangunan Smelter adalah langkah strategis untuk meningkatkan nilai guna dari sumber daya alam yang kita miliki, sebab selama ini cadangan Nickel kita yang melimpah hanya di keruk sampai habis lalu di jual mentah dengan nilai yang sangat murah begitu saja ke luar daerah. Ini kan sama saja menggali lubang raksasa untuk mengubur hidup – hidup masyarakat sekitar, seharusnya ada perusahaan yang berpikir bagaimana membangun smelter agar nilai jual Nickel kita semakin meningkat di pasaran. Dan langkah yang dilakukan Tiran Group ini menurut kami sudah menjawab keresahan sebagian besar masyarakat Sultra yang menginginkan Nickel Sultra dapat melalui tahap pemurnian dengan hadirnya pabrik yang memiliki smelter” pungkas Marsono.

Baca Juga:  Tiran Group Salurkan 10 Ekor Hewan Kurban di Konut

Marsono meneruskan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta mengupgrade nilai ekonomi utamanya pendapatan pemasukan masyarakat sekitar yang sudah barang pasti akan ada penyerapan tenaga kerja lokal ribuan bahkan belasan ribu.

“Rencana pembangunan smelter oleh Tiran Group pasti bakal membawa dampak ekonomi yang sangat massif bagi Masyarakat dilingkar tambang secara khusus maupun Masyarakat Sultra pada umumnya, sebab akan ada penyerapan tenaga kerja lokal secara terbuka oleh Tiran Group dan ini semestinya di manfaatkan dengan serius oleh masyarakat lingkar tambang serta masyarakat lokal pada umumnya.” tambahnya.

Lanjut Marsono, sebagai putra asli sulawesi tenggara, kita mesti mensyukuri dan berbangga terhadap daerah kita ini yang melimpah akan potensi sumber daya alamnya, sehingga jika ada niat seperti yang akan di lakukan Tiran Group ini, maka perlu kita apresiasi dan dukung secara penuh agar roda ekonomi di sultra bisa laju dan memiliki dampak nyata terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Sultra.

Baca Juga:  Tiran Group Teken Kontrak Jual Beli Listrik dengan PLN dan Kontrak Pembangunan Smelter Nikel

“Selama proses pembangunan smelter Tiran Group di Konawe Utara, kami akan terus melihat dan mengawasi segala prosesnya apakah berjalan dengan lancar atau ada banyak benturan yang dihadapi dari pihak – pihak luar. Yang pasti, selama Tiran Group serius dan tulus membangun smelter dengan tujuan memberdayakan masyarakat, dan menaikkan nilai guna sumber daya Alam kita di Konawe Utara maka hal tersebut wajib kita support ” tuturnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending