Connect with us

Politik

PKB Resmi Berikan Formulir B.1-KWK ke Rusman-Bachrun dan Aswadi-Fahrul

Penulis: Hamid

Published

on

Penyerahan formulir B.1-KWK kepada pasangan bakal calon LM Rusman Emba-Bachrun Labuta untuk maju di Pilkada Muna dan Aswadi Adam-Fachrul Muhammad di Pilkada Buton Utara, Jumat 28 Agustus 2020.

KendariMerdeka.com, Kendari – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi memberikan formulir B.1-KWK kepada pasangan bakal calon LM Rusman Emba-Bachrun Labuta untuk maju di Pilkada Muna dan Aswadi Adam-Fachrul Muhammad di Pilkada Buton Utara, Jumat 28 Agustus 2020.

Formulir dalam bentuk B.1-KWK ini ditandatangani oleh Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) M Hasanuddin Wahid.

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani menyatakan, formulir B.1-KWK ini sebagai syarat bagi calon untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk maju Pilkada 2020.

“Alhamdulillah kami telah serahkan bentuk formulir B.1-KWK kepada pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta untuk maju di Pilkada Muna dan Aswadi Adam-Fachrul Muhammad maju di Pilkada Buton Utara. Dukungan ini sudah final,” kata Jaelani dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 Agustus 2020.

Sebelumnya, PKB juga telah menyerahkan formulir serupa dalam bentuk dukungan kepada tiga pasang kandidat lainnya. Yakni, Surunuddin Dangga-Rasyid di Pilkada Konawe Selatan, Amrullah-Andi M Lutfi di Pilkada Konawe Kepulauan dan Raup-Iskandar Zulkarnain Mekuo di Pilkada Konawe Utara.

Di lima daerah itu, PKB memiliki kursi di tingkat DPRD kabupaten. Sementara di Kolaka Timur dan Wakatobi, partai besutan Muhaimin Iskandar ini belum memiliki kursi.

“Namun, kita akan tetap memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon baik di Wakatobi maupun di Koltim. Secara struktur dan jaringan, PKB punya di dua daerah itu,” katanya.

Jaelani menyebut, seluruh keputusan partai ini sifatnya final dan tidak bisa berubah lagi. Kepada seluruh kader baik dari tingkat DPW, DPC, hingga ranting diperintahkan untuk memenangkan pasangan yang telah didukung.

“Sebagai bentuk komitmen dan konsistensi partai, maka seluruh kader harus siap memenangkan calon yang diusung. Bagi kader yang tidak mengindahkan, pasti ada sanksi sesuai dengan partai,” tegasnya.

Sejak awal, lanjut dia, PKB konsisten dalam penentuan sikap mendukung calon. Yakni, calon wajib mengikuti tahapan yang dilakukan partai hingga pertimbangan survei dan potensi kemenangan calon.

“Jadi, sejak awal kita tidak berubah sikap soal dukungan. Setelah menyatakan dukungan di awal, maka PKB pasti akan memberikan B.1-KWK. Tidak sebaliknya. Ini sebagai komitmen politik dan konsistensi kepartaian yang dijunjung oleh PKB,” pungkasnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

DPC PDIP Kota Kendari Siap Tarung di Pilwali 2024

Published

on

Ketua DPC PDIP Kota Kendari, Ishak Ismail.

KENDARI – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Kendari, semakin siap dalam menghadapi Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari pada 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kendari, H Ishak Ismail disela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan V di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Ancol Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024.

“Kita, PDI Perjuangan Kota Kendari siap tarung dalam Pilwali ini, ” Tegas H Ishak Ismail.

Ia menjelaskan bahwa tahapan penentuan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kendari periode 2024-2029 masih on the track, menunggu hasil survey yang akan dilakukan pada Bulan Juli mendatang. Setelah itu, sambung Ishak Ismail, masih ada tahapan Fit dan Proper Tes yang akan dilakukan DPP.

“Saya juga masih mengikuti tahapan sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari sama seperti yang lain, ” Katanya.

Anak Lorong sapaan akrab H Ishak Ismal, juga menjelaskan dari hasil diskusi dalam rangkaian Rakernas V bahwa selain survey juga akan dilihat variabel lainya, misalnya tentang kesiapan calon, Visi Misi Lima (5) tahun kedepan.

“Masih ada variabel lain selain survei, seperti Kesiapan, dan Visi Misi 5 tahun, kira-kira mau di bawa kemana dan seperti apa kota Kendari nantinya, ” Tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Jetua Desk Pilkada PDI Perjuangan Kota Kendari, La Ode Saimin, bahwa sebagaimana yang kita ketahui, proses pendaftaran Balon walikota oleh tim Desk Pilkada kota Kendari telah selesai, dari sekian figur yang  telah mendaftar masih ada beberala figur yang dianggap kurang serius.

“Beberala figur kami anggap kurang serius, sebab apa yang kita sepakati bersama terkait dengan pembiyaan survey belum dipenuhii, jadi mohon maaf kami di DPC PDI Perjuangan Kota Kendari akan mengevaluasi sebelum survey dilaksanakan dalam waktu dekat ini, ” tegas La Ode Saimin.

Continue Reading

Politik

Pertemuan Lukman Abunawas dan La Ode Ida Sinyal Duet di Pilgub Sultra 2024

Published

on

Lukman Abunawas dan La Ode Ida.

KENDARI – Bakal calon (Balon) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas (LA) intens melakukan komunikasi politik dengan sejumlah tokoh ternama. Salah satunya, yang dijajaki yaitu La Ode Ida.

Diketahui, Lukman Abunawas dan La Ode Ida baru-baru melakukan pertemuan disalah satu restoran di Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2024) malam.

Lukman Abunawas mengatakan, dirinya bertemu dengan La Ode Ida dalam rangka menjalin silaturahmi sebagai sahabat, dan politisi, meski berbeda bendera partai.

“Benar, saya dan Pak La Ode Ida baru bertemu, menjalin silaturahmi sesama dari Sultra. Dan kami sudah beberapa kali berjumpa,” ujar dia kepada awak media ini.

Selain itu, Lukman Abunawas mengaku, banyak hal yang dibahas saat bertemu dengan La Ode Ida. Satu diantaranya mengenai Pilgub Sultra yang mana tinggal menyisahkan beberapa bulan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Kami sepakat, dan berkomitmen Insyaallah akan membawa Sultra ke arah yang lebih maju menuju Sultra emas,” ucap mantan Wakil Gubernur Sultra itu.

Ditanya soal kans berpasangan dengan La Ode Ida di Pilgub Sultra, Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra ini tidak menampik jika keduanya sedang membangun chemistry untuk maju bersama di Pilgub Sultra, baik sebagai calon maupun wakil.

Menurutnya, dirinya dan La Ode Ida adalah simbol konfigurasi perwakilan daratan dan kepulauan, yang tidak akan pernah lepas dari hegemoni politik di Sultra. Sebab,  kekuatan merebut dan menjadi jawara di Pilgub Sultra, mesti ada perpaduan dari daratan dan kepulauan, dan begitupula sebaliknya.

Kendati demikian, Lukman menegaskan, politik ini sifatnya dinamis, dan tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia politik, apalagi hubungan dirinya dengan politisi PKS tersebut, cukup baik dan memiliki pemikiran yang sama dalam membangun Sultra menjadi lebih baik.

“Jika Allah SWT meridhoi niat baik kami, ya Insyaallah kami akan berpasangan di Pilgub Sultra 2024, dan kami meminta doa dan restu dari masyarakat Sultra,” tukasnya.

Continue Reading

Politik

DPP LAM Siap Menangkan Lukman Abunawas di Pilgub Sultra Melalui Suara Milenial

Published

on

Lukman Abunawas.

KENDARI – Lukman Abunawas (LA), merupakan salah satu calon yang akan maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 27 November 2024 mendatang.

Keinginan Lukman Abunawas merebut kursi nomor wahid di Bumi Anoa ini, banyak didukung dari berbagai kalangan, salah satunya, kaum milenial dan Gen Z yang menamakan diri sebagai Lukman Abunawas Milenial (LAM).

Sekertaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LAM, Adi Maliano mengatakan, alasan mereka mendukung mantan Wakil Gubernur Sultra ini, karena dinilai mampu menjawab kebutuhan kaum milenial dan Gen Z.

Sehingga tidak ada alasan lain untuk tidak mendukung dan memenangkan Lukman Abunawas di Pilgub Sultra. Terlebih lagi,  pengalaman politik dan di birokrasi Lukman Abunawas, sudah bisa dikatakan paripurna.

“Mewakili kaum milenial dan Gen Z, kami menyatakan mendukung penuh langkah politik Pak Lukman Abunawas, dan kami siap memenangkan beliau di Pilgub Sultra,” ujar dia, Rabu (22/5/2024).

Adi Maliano menuturkan, saat ini, DPP LAM sedang melakukan konsolidasi pembentukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LAM di 17 Kabupaten/Kota se-Sultra. Tercatat, DPD LAM baru terbentuk di dua kabupaten yakni Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Kolaka.

Pembentukan DPD LAM, sendiri tidak lain untuk memasifkan pergerakan politik Lukman Abunawas, guna mendulang dukungan dari kaum milenial dan Gen Z, yang dipastikan menjadi kelompok pemilih terbesar pada di Pilgub Sultra nanti.

“Jika kalau sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota, maka tugas-tugas DPD LAM ini, merekrut dan mengajak kaum milenial dan Gen Z mendukung dan memenangkan Pak Lukman Abunawas,” jelas Adi.

Selain wadah pemenangan, tambah dia,  pembentukan LAM juga bertujuan untuk menjadi rumah bagi generasi milenial dan Gen Z dalam mengoptimalkan potensi, peran, serta sumber daya generasi muda yang dimiliki Sultra.

“Diharapkan dengan adanya LAM Sultra ini menjadi wadah bagi milenial aktif dalam ruang politik,” pungkasnya.

Continue Reading

Trending