Connect with us

Kesehatan

Per 1 Mei 2020, Iuran Peserta Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan

Penulis : Kadek

Published

on

KendariMerdeka.com – Mulai 1 Mei 2020, iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), kembali mengacu pada Peraturan Presiden 82 tahun 2018, yaitu sebesar Rp 80.000 untuk kelas 1, Rp 51.000 untuk kelas 2 dan Rp
25.500 untuk kelas 3. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor7P/HUM/2020 yang menyatakan membatalkan Pasal 34 Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019.

Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf menjelaskan, perhitungan pemberlakuan penyesuaian iuran sesuai dengan Putusan MA adalah per 1 April 2020. Untuk iuran bulan Januari sampai Maret 2020 tetap mengacu pada Perpres 75 tahun 2019 yaitu sebesar Rp 160.000 untuk kelas 1, Rp 110.000 untuk kelas 2 dan Rp 42.000
untuk kelas 3.

“Jadi untuk iuran Januari sampai Maret 2020 tidak ada pengembalian atau dikompensasi di bulan berikutnya. Namun,terhadap kelebihan iuran peserta JKN-KIS yang telah dibayarkan pada bulan April 2020 akan dikompensasikan ke iuran pada bulan berikutnya,” kata Iqbal, Kamis (30/4/2020).

BPJS Kesehatan sudah melakukan penyesuaian sistem teknologi informasi (TI) serta penghitungan kelebihan iuran peserta. Iqbal berharap per 1 Mei 2020, peserta sudah mendapatkan tagihan yang telah disesuaikan.

“Pada prinsipnya kami ingin pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS tidak terhambat. Terutama memperhatikan kondisi sosial ekonomi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Dengan dikembalikannya nominal iuran segmen PBPU sesuai Putusan MA per 1 Mei 2020 ini, kami harapkan dapat membantu dan tidak membebani masyarakat. Peserta dapat terus berkontribusi, menjaga status kepesertaannya tetap aktif dengan rajin membayar iuran rutin setiap bulannya. Ini merupakan salah satu wujud gotong royong khususnya di saat bangsa sedang
bersama melawan Covid 19,” tambah Iqbal.

Iqbal menambahkan, apabila pada 1 Mei 2020 peserta mendapat kendala terkait status kepesertaan, tagihan serta membutuhkan informasi lainnya dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Iqbal juga
mengingatkan peserta untuk tetap memprioritaskan jaminan kesehatan sebagai kebutuhan dasar terlebih di masa pandemi Covid-19. Risiko sakit akan semakin memperlebar keterpurukan ekonomi apabila tidak memiliki jaminan kesehatan.

Iqbal juga menekankan, bahwa penyesuaian iuran ini hanya berlaku bagi segmen peserta PBPU dan BP. Untuk segmen peserta lain seperti peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Pekerja Penerima Upah (PPU) masih mengacu pada Perpres 75 tahun 2019.

Pemerintah saat ini sudah menyiapkan rencana penerbitan Peraturan Presiden yang substansinya antara lain mengatur keseimbangan dan keadilan besaran iuran antar segmen peserta, dampak terhadap kesinambungan program dan pola pendanaan JKN, konstruksi ekosistem jaminan kesehatan yang sehat, termasuk peran Pemerintah (pusat dan daerah). Rancangan Peraturan Presiden tersebut telah melalui proses harmonisasi dan selanjutnya akan berproses paraf para menteri dan diajukan penandatanganan kepada Presiden.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

Kadin Sultra Serahkan Bantuan 50 Tabung dan 37 Regulator Oksigen ke RSUD Kota Kendari

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara kembali melanjutkan komitmennya membantu sektor kesehatan dengan menyerahkan bantuan tabung dan regulator oksigen ke RSUD Kota Kendari.

Penyerahan bantuan lima puluh tabung dan 37 regulator oksigen ini dilakukan pada Senin (17/10/2022) petang.

Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan Kadin Sultra, Iksan menyerahkan bantuan ini langsung kepada Direktur Utama RSUD Kota Kendari, Sukirman.

“Hari ini kita menyerahkan 50 tabung oksigen beserta regulatornya. Tabung ini sudah terisi semua. Mudah-mudahan ini bisa membantu RSUD Kota Kendari dalam penanganan kasus Covid-19 yang alhamdulillahnya juga sudah mulai berkurang kasusnya,” kata Iksan.

Selain untuk pasien Covid-19, Iksan yang juga seorang dokter ini mengatakan, bantuan tabung dan regulator oksigen ini juga dapat diperuntukkan bagi pasein tuberculosis (TBC), asma, dan sesak nafas.

“Yang pasti penggunaanya itu kita serahkan 100 persen ke RSUD Kota Kendari, kami dari kadin yang pasti menyerahkan saja,” imbuhnya.

Iksan mengatakan, bantuan tabung dan regulator ini sebagai tindak lanjut dari Kadin Sultra yang sebelumnya telah memberikan bantuan generator oksigen pada beberapa pekan lalu.

“Selain Kendari, kita akan berikan di nanti juga di Kabupaten Konawe juga jumlahnya sama lima puluh tabung juga,” jelasnya.

Dirut RSUD Kota Kendari Sukirman memuji langkah Kadin Sultra yang begitu peduli terhadap sektor kesehatan khususnya di Kota Kendari.

“Ini luar biasa sekali, kami dari rumah sakit sangat berterima kasih, apresiasi yang besar kepada Kadin. Kebetulan memang kita lagi butuh tabung. Kalau seandainya tidak dibantu, kita akan beli. Tapi alhamdulillah dengan bantuan ini tidak perlu kita beli lagi,” kata Sukirman.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

Kadin dan IMI Sultra Gelar Vaksin Berhadiah Selama Dua Hari

Penulis: Rinaldy

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KENDARI – Dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar vaksinasi massal berhadiah selama dua hari, Selasa (8/2/2022).

Pelaksanaan vaksinasi massal berhadiah ini adalah kolaborasi bersama antara Kadin Sultra dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra, Pemkot Kendari, dan Polres Kendari.

“Target kita adalah kurang lebih tiga ribu orang selama gelaran tiga hari ini,” ujar Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang.

Panitia pelaksana menyediakan paket sembako bagi setiap warga yang melaksanakan vaksinasi.

“Panitia menyediakan sembako berupa 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kilogram gula pasir,” imbuh Anton.

Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan doorprize hadiah kepada seluruh peserta vaksin yang diundi setiap hari.

“Hadiahnya ada tiga unit motor, tiga unit kulkas, dan tiga unit televisi. Kita target seribu orang peserta vaksinasi per hari. Termasuk undiannya itu satu motor, kulkas, dan televisi per hari,” jelasnya.

Dengan begitu banyaknya warga yang vaksinasi, Anton meliat hal ini sebagai antusiasme yang luar biasa karena selain vaksinasi berhadiah, juga ada pameran UMKM binaan Kadin Sultra dan juga pameran kendaraan IMI Sultra.

“Kami tetap meyakinkan ini dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Bagi peserta, panitia juga menyediakan makanan berupa mie gelas instan (pop mie),” timpalnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

Camat dan Puskesmas Unaaha Bersinergi Buka Gerai Vaksin di Pasar Sore Rahabangga

Penulis:Ilfa

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KONAWE – Pemerintah kecamatan Unaaha bersama Puskesmas unaaha yang  didukung oleh Polsek dan Koramil unaaha buka gerai vaksinasi covid-19 di pasar sore Rahabangga, Kamis 16 Desember 2021 lalu.

Camat unaaha, Aswar mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di pasar sore tersebut menyasar para pedagang dan para pembeli yang tidak sempat melakukan vaksinasi covid 19.

“Karena kesibukan sehingga para pihak membuka gerai di pasar sore Rahabangga,” ungkapnya saat dihubungi bia whatsap. Sabtu, (18/12/2021) 

Ia  menjelaskan, bahwa pelaksanaan vaksinasi covid 19 di pasar sore Rahabangga merupakan komitmen pemerintah kecamatan Unaaha pada khususnya dan pemerintah daerah kabupaten Konawe untuk menekan pencapaian target vaksinasi.

“Sehingga penyebaran covid-19 dapat di minimalisir dengan baik dengan kekebalan tubuh masyarakat atau herd immunity yang cukup, dengan melakukan vaksinasi covid 19. Jika masyarakat sehat maka ekonomi masyarakat juga pasti sehat, tetapi jika masyarakat tidak sehat maka sudah dipastikan bahwa perekonomian masyarakat dipastikan mengalami sakit,” pungkasnya.

Diketahui, pelaksanaan vaksinasi yang dlaksanakan pada hari kamis, (16/12/2021)  sebanyak 130 orang yang melakukan vaksinasi covid 19 di pasar sore Rahabangga baik pedagang pasar sore maupun para pembeli yang berbelanja di pasar sore Rahabangga.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending