Connect with us

Uncategorized

Pemkab Konawe Gelar Musrembang

Penulis : Raimudin

Published

on

KendariMerdeka.com, Konawe – Pemerintah Kabupaten Konawe menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) data,” menuju Konawe satu data”. Kegiatan tersebut dilaksanakan disalah satu hotel di Kota Unaaha.

Pelaksanaan Musrenbang data, menuju Konawe satu data ini sebagai langkah menindak lanjuti Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang kebijakan suatu data.

Kegiatan musrembang menuju Konawe satu data, merupakan agenda baru yang dilaksanakan dalam proses tata kelola pemerintahan. Ini merupakan proses penting dalam perbaikan tata kelola pemerintahan kearah yang lebih baik.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, mengatakan bahwa kabupaten Konawe merupakan daerah tertua di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Maka sepatutnya daerah ini harus mempersiapkan diri, untuk menjadi sebagai yang terdepan dalam berbagai aspek.

“Memastikan bahwa kabupaten Konawe mampu menjadi pasilitator bagi daerah-daerah lainnya dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan, dalam beberapa tahun terakhir dalam sisi pencapaian marko ekonomi, kabupaten Konawe menjadi yang terbaik di wilayah regional Sultra,”tutur Gusli membacakan sambutan Bupati Konawe, (27/1/2021).

Dia menyebutkan hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan patut disyukuri. Karena Kabupaten Konawe menjadi daerah yang menyumbangkan kesejahteraan bagi Bumi Anoa. Prestasi ini akan terus kita dorong dengan langkah konkrit yang nyata dan benar-benar terukur.

“Kaitanya dalam pertemuan, untuk memastikan skenario pembangunan kedepannya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan, maka kita harus memerlukan istrumen data dan informasi yang dapat kita yakini kebenaranya, sehingga dalam melakukan analisis perencanaan pembangunan daerah dapat dilakukan dengan tepat dan akurat,”kata dia.

Dia menambahkan sesuai dengan arahan Presiden, dimana daerah harus menempatkan data menjadi kekayaan baru yang berharga bagi bangsa indonesia, maka pemerintah kabupaten Konawe selalu berpandangan sejalan dengan prinsip bapak presiden.

“Terhadap pentingnya pengelolaan data dimasa kini dan dimasa yang akan datang, kita tidak akan cukup mengandalkan kekuatan narasi yang bersipat kualitatif dalam proses perencanaan pembangunan daerah, dimana era saat ini kita diperhadapkan pada tantangan bahwa data dan informasi menjadi istrumen penting dalam proses pengambilan kebijakan pembangunan daerah,”tambahnya.

Dia melanjutkan, Pemerintah sangat mendukung proses yang telah dimulai saat ini. Dari 17 kabupaten/kota di Sultra, kata Gusli, Kabupaten Konawe adalah daerah yang lebih dulu mengawali proses.

“Konawe selalu menjadi yang terdepan di Sultra, bahwa Konawe selalu melakukan inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan akselerasi pembangunan, baik dari sisi pemerintah maupun dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Untuk diketahui, Musrenbang data ini dibuka oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara dan dihadiri oleh Ketua DPRD Konawe H. Ardin, kepala kejaksaan negeri (Kajari) Konawe Irwanuddin Tadjuddin, Waka Polres Kompol Jajang Kiswara, Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Kepala BPS Provinsi Sultra, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat dan Lurah/Kades.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ARSIP BERITA

Trending