Connect with us

HUKRIM

KTP Palsu WNA China Pernah Disorot, Oknum Polisi Sempat Bela Mister Wang

Penulis : Kadek

Dipublikasikan

-

KTP Palsu milik WNA Asal China di Konawe Utara.

KendariMerdeka.com – Kasus WNA asal China yang memiliki KTP palsu, sudah masuk di meja penyidik Kriminal Umum Polda Sultra. Pria yang kerap disapa Mister Wang itu, menggunakan nama Indonesia Wawan Saputra Razak.

Terungkap, ternyata tidak hanya KTP yang diduga palsu. Mister Wang juga memiliki kartu keluarga dan surat nikah yang belum bisa dipastikan asalnya.

Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Kendari, Asni Bonea menyatakan Mister Wang atau Wawan Saputra Razak tidak pernah melakukan perekaman KTP di Kota Kendari. Sehingga, data base tidak ada

“Data sidik jari, data retina mata dan wajah, tidak tersimpan pada kami,” ujar Asni Bonea, dikonfirmasi Rabu (28/4/2020).

Baca Juga:  Gubernur Soroti TKA China Pemilik KTP Palsu, Polisi Bilang Tak Temukan Barang Bukti

Pelapor yang ditemui di Polda Sulawesi Tenggara, Irwan menyatakan, pria asal Tiongkok itu merupakan pemilik salah satu perusahan tambang yakni PT Bumi Konawe Abadi di Konawe Utara. Saat ini Mister Wang, bekerja di PT Cahaya Mandiri Perkasa yang beroperasi di Marombo, Konawe Utara.

“Sudah beberapa tahun mereka beroperasi di wilayah Konawe Utara. Aktifitas perusahaan mereka melakukan eksplorasi nikel untuk dibawa keluar daerah,” ujar Irwan.

Dia menceritakan, pernah hendak memanggil Mister Wang untuk mengklarifikasi identitas dan surat-surat kependudukan yang dimilikinya. Namun, pria yang sudah menikahi wanita asal Konawe Utara itu, bersikukuh tidak mau datang.

“Dia menelepon salah seorang oknum anggota polisi. Dia menyampaikan kepada mister Wang agar jangan terima ajakan saya,” ujar Irwan.

Baca Juga:  KTP Palsu Mr Wang Diduga Untuk Putar Duit Nikel di Bank

Oknum aparat yang berbicara dengan Mister Wang lewat telepon seluler itu sempat menyatakan, jangan datang kecuali pihak Imigrasi yang jemput. Mister Wang akhirnya ikut apa yang disampaikan dan tetap tidak mau.

“Kalau mister Wang ini, sering bawa-bawa nama oknum aparat ini,” ujar Irwan.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   

HUKRIM

Sesama Guru Agama di Kendari Kepergok Selingkuh

Penulis: Gibran

Dipublikasikan

-

Oleh

KendariMerdeka.com, Kendari – Seorang guru Agama berinisial S salah satu Sekolah Dasar di Kota Kendari kedapatan selingkuh, Minggu (12/7/2020) sekitar puku 02.30 dini hari. Aksi perselingkuhan guru Agama tersebut di rumah rekannya sendiri.

S bersama rekannya yang juga guru agama inisial T. Keduanya kedapatan dalam sebuah rumah, yang ditinggali keluarga T.

Saat kedapatan, S tak dapat berbuat apa-apa. Dia digiring bersama Anggota Patroli Polri Kendari bersama pasangannya tersebut.

Meski berdalih tak berbuat apa-apa dalam rumah tersebut, namun keberadaan S yang tak logis tengah malam menjadi dasar keluarga S untuk menangkapnya.

Dari informasi yang diperoleh, S memiliki istri yang beralamat di lorong Bahagia Kota Kendari. Nah, sekitar pukul 03.00 Wita kedua pasangan ini, digiring ke Polres Kendari. Mereka dilaporkan atas dugaan perselingkuhan.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Kejahatan Istri TKA China Pemilik KTP Palsu

Keluarga S yang melaporkan kejadian tersebut tak terima dengan perilaku S yang kerap datang di rumah T tanpa tujuan yang jelas.

Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Muh. Sofwan Sosyidik membenarkan adanya dua pasangan tanpa nikah yang diamankan Polisi.

Keduanya sudah diperiksa di Polres Kendari. Untuk laporannya, masih dalam bentuk aduan, bahwa keduanya telah dilaporkan oleh keluarga dari pihak laki-laki.

“Iya, ada adunya. Kasusnya masih Lidik,” tuturnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca

HUKRIM

Polres Konsel Bekuk Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten

Penulis: Gibran

Dipublikasikan

-

Oleh

Polres Konsel Membekuk Pelaku Pencurian Motor di Desa Lambadia Konsel. (Kendarimerdeka/Gibran)

KendariMerdeka.com, Konsel – Polres Konsel kembali mengamankan 1 orang tersangka inial TT (24) pelaku pencurian motor di Desa Lambadia Kecamatan Lambandia Kabupaten Kolaka Timur, Jumat (26/6/2020). Usai melakukan aksinya, TT mengamankan dirinya di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konsel, mendengar kabar tersebut, Tim Tiger 2002 Polres Konsel langsung membekuk pelaku.

“Tersangka yang ditangkap tersebut adalah hasil pengembangan penangkapan dua hari yang lalu dan tersangka ini juga terlibat dari Curanmor pada 2 tempat kejadian sebelumnya,” ujar Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo.

Adapun hasil kejahatannya masih dilakukan pencarian oleh aparat. Pasalnya, motor yang dicuri oleh tersangka sudah digadaikan kepada orang lain.

“Atas penangkapan ini. Kami akan berkoordinasi dengan Ditreskrim Polda Sultra dan Polres Kendari, siapa tau ini jaringan yang telah melakukan Curanmor di wilayah hukum Polda Sultra,” tutur Erwin.

Baca Juga:  Gubernur Soroti TKA China Pemilik KTP Palsu, Polisi Bilang Tak Temukan Barang Bukti

Terhadap tersangka kata Erwin, akan dikenakam pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-4e KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

“Tersangka kami sudah amankan di Polres Konsel guna dilakukan proses penyidikan,” tutupnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca

HUKRIM

Polres Konsel Amankan Dua Pelaku Curanmor

Penulis: Hamid

Dipublikasikan

-

Oleh

KendariMerdeka, Konsel – Polres Konsel berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor yang kerab beraksi di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara.

Diketahui, Kedua pelaku merupakan warga setempat atas nama, AR (17), dan RA (26), Ar dan RA merupakan pelaku pencurian yang terjadi pada tanggal 13 dan 14 Juni 2020.

Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo, SIK Mengatakan, kedua pelaku ditangkap di waktu yang hampir bersmaan, AR ditangkap pada tanggal 23, dan RA tanggal 24 Juni 2020.

“Saat ini kedua Tersangka sedang dimintai keterangan di Polsek Angata untuk mengetahui apakah keduanya satu jaringan atau berdiri sendiri ataukah masih ada tersangka lain,” ujar Erwin Pratomo.

Baca Juga:  Gubernur Soroti TKA China Pemilik KTP Palsu, Polisi Bilang Tak Temukan Barang Bukti

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman selama 7 tahun penjara.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
   
Lanjutkan membaca
Advertisement        

ARSIP BERITA

Trending

Copyright © 2020 KendariMerdeka.Com

var _Hasync= _Hasync|| []; _Hasync.push(['Histats.start', '1,4392949,4,1,120,40,00011111']); _Hasync.push(['Histats.fasi', '1']); _Hasync.push(['Histats.track_hits', '']); (function() { var hs = document.createElement('script'); hs.type = 'text/javascript'; hs.async = true; hs.src = ('//s10.histats.com/js15_as.js'); (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(hs); })(); counter hit make