Connect with us

Berita

Kejutan di HUT Gubernur Sultra ke-60 Tahun, Terima Penghargaan People of The Year 2021

Published

on

KENDARIMERDEKA.COM – Terpilih kategori Best Governor for Empowerment and Education, bersama 10 Kepala Daerah lainnya di Indonesia, penerima penghargaan People of The Year (POTY) 2021, merupakan kejutan di Hari Ulang Tahun (HUT) H Ali Mazi SH Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), yang genap berusia 60 Tahun tepat di Rabu 25 November 2021, juga bertepatan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Tanah Air.

Kejutan membanggakan tersebut diterima H Ali Mazi, melalui hasil keputusan tujuh para dewan juri , yang berasal dari unsur akademisi dan media terkemuka di tanah air, serta wawancara langsung dengan Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD. Para dewan juri tersebut yakni Ketua Dewan Juri yang juga Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi Metro TV, Arief Suditomo, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata, Guru Besar FISIP UI, Prof Dr Eko Prasojo, Rektor IPB Bogor, Prof Dr Arif Satria, Epidemiolog UGM Yogyakarta, Prof Dr dr Hari Kusnanto, dan Ketua Umum APINDO, Hariyadi Sukamdani.

Dalam wawancara secara langsung tersebut, para dewan juri yang Diketuai oleh Presiden Direktur Metro TV, Don Bosco Selamun, mengungkapkan kekaguman serta memuji Program Garbarata melalui lima pilarnya, dimana salah satunya terdapat pilar Sultra Cerdas yang diimplementasikan melalui program pemberdayaan serta pendidikan, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Meskipun masih suasana berduka ditinggal dua orang terkasih dan berpengaruh dalam hidupnya, yakni mendiang sang ibu dan istri tercinta, Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH terus tegar dan kokoh melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamatkan rakyat kepadanya, tentu bersama pasangannya setia DR H Lukman Abunawas SH MH MSi.

Bagi orang nomor satu di Provinsi Sultra ini, Hari Ulang Tahunnya yang bertepatan dengan Hari Guru Nasional dan peraihan penghargaan People of The Year (POTY) 2021 kategori Best Governor for Empowerment and Education bukan suatu kebetulan semata, melainkan suatu semangat baru dan pengingat, agar bagaimana cita-cita dalam memajukan pendidikan menuju peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra tidak boleh kendor selangkah pun, meskipun banyak cobaan dihadapi, diantaranya pada pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Terima Sertifikat Propernas dari KLHK, PKT Komitmen Tingkatkan Kinerja Lingkungan

Sebelumnya Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH telah menjelaskan, bahwa Pemprov Sultra memiliki program prioritas pembangunan Sultra Tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat melalui GARBARATA atau Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

“Implementasi GARBARATA ditopang lima pilar, yakni pilar Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya dan Beriman, serta pilar kelima yaitu Sultra Produktif. Hal ini bukan hanya selogan semata, melainkan secara bertahap dan konsisten dilaksanakan, baik secara teknis di tingkatan Provinsi Sultra hingga ke pusat melalui optimalisasi kehadiran negara dalam desain hukum berupa UU Tentang Daerah Kepulauan,” ucap pemimpin Bumi Anoa Provinsi Sultra H Ali Mazi SH.

Terkait isi wawancara people of the year 2021, yang membuat dewan juri menajamkan pilihan kepada H Ali Mazi SH sebagai nominator Gubernur terbaik kategori Best Governor for Empowerment and Education, adalah penjelasan Gubernur Sultra terkait inovasi bidang pendidikan yang dihasilkan selama setahun terakhir di Sultra, saat pandemi Covid-19 tahun 2020, berupa implementasi program Sultra Cerdas berbentuk kegiatan fisik yaitu membangun infrastruktur pendidikan berupa sekolah baru SMA dan SMK Maritim, penambahan ruang kegiatan belajar, laboratorium beserta sarana dan prasarana pendukung, gedung perpustakaan modern Sultra bertaraf internasional setinggi 7 lantai dengan konsep edukasi dan rekreasi.

Penilaian lainnyanya adalah kemampuan H Ali Mazi SH, menyiapkan sarana pendukung pendirian Institut Teknologi Kelautan Buton (ITK-Buton), dukungan penuh atas rencana pendirian Politeknik Industri di Morosi Kabupaten Konawe, dan hibah lahan kepada BLK Kendari seluas 4,584 hektare, untuk pendirian Balai Besar Pelatihan Vokasi Internasional Sultra.

Baca Juga:  Gubernur: Patung Soekarno Instrumen Bangkitkan Semangat Membangun Sultra

Penilaian dewan juri pada aspek non fisik dijelaskan melalui kegiatan Sultra Cerdas non-fisik, berupa bantuan kepada siswa SMA, SMK, dan SLB yang tidak mampu sebesar 1 juta rupiah per siswa. Beasiswa pendidikan bagi siswa, mahasiswa Diploma, S1, S2, S3, dan profesi guru, serta pemberian insentif untuk Guru Tidak Tetap Bukan Pegawai Negeri Sipil (GTTBPNS) Rp 400.000 per orang setiap bulannya, selanjutnya pemberian bantuan kepada operator sekolah senilai Rp 800.000 per orang se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Untuk diketahui, penghargaan Best Governor for Empowerment and Education Kejutan di HUT Ali Mazi ke – 60 bertepatan pula dengan Hari Guru Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 November sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Hari Guru Nasional (HGN) 2021, oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), mengangkat tema ‘Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan’. Disimbolkan dengan lingkaran ilustrasi warna-wani berbentuk hati menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala ditengah kondisi pandemi, agar tetap memberikan hasil terbaik untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Meskipun pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh belahan dunia, termasuk Bumi Anoa, Gubernur Sultra H Ali Mazi menggiatkan upaya penanggulangan Pandemi Covid-19 melalui Program Sultra Cerdas yaitu penyediaan sarpras protokol area institusi pendidikan berupa air bersih, sarana cuti tangan sebanyak 1000 tandon, pembagian sejuta masker dan hand sanitizer, untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) atas izin orang tua siswa, serta mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi remaja yakni pelajar atau siswa serta guru SMA, SMK, maupun SLB.

Penghargaan Best Governor for Empowerment and Education kepada H Ali Mazi SH, bersama 10 Kepala Daerah lainnya di Indonesia sebagai Gubernur terpilih pada People of The Year (POTY) 2021, merupakan kejutan membanggakan, dimana tepat saat H. Ali Masi SH genap memasuki usia 60 Tahun, tanggal 25 November 2021, juga bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional (HGN), diungkapkan oleh Kadis Dikbud Sultra sebagai prestasi membanggakan bukan saja pribadi Gubernur H Ali Mazi SH, namun tentunya didedikasikan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:  Aman Center: Tangkap Pembakar "Pocong" Ali Mazi

“Ini semua bukan rekayasa manusia, namun skenario yang di-Atas, kita patut bersyukur Gubernur Sultra terpilih sebagai penerima penghargaan People of The Year 2021 kategori Best Governor for Empowerment and Education, bersama 10 Gubernur lainnya di Indonesia, saat Hari Ulang Tahun ke – 60 Tahun Bapak H Ali Mazi SH, juga bertepatan Hari Guru Nasional, tanggal 25 November 2021. Dimana penghargaan tersebut menunjukkan konsen pemerintah Sultra, dibawah kepemimpinan Gubernur Sultra H Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra Dr H Lukman Abunawas, dalam mendukung semangat merdeka belajar bagi kehidupan dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19. Ini adalah prestasi Gubernur Sultra sekaligus dedikasi pemerintah kepada masyarakat dunia pendidikan khususnya dan masyarakat Sulawesi Tenggara umumnya, ” ungkap Alumni S3 The Australian National University of Cambera ini.

Penerimaan penghargaan People of The Year 2021 kategori Best Governor for Empowerment and Education, bersama 10 Gubernur lainnya di Indonesia berlangsung di Grand Studio Metro TV Jakarta . Rabu 24 November 2021, pukul 21.00-23.00 WIB.

Adapun 10 gubernur penerima penghargaan lainnya selaian Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, adalah kepala daerah terbaik lainnya se Indonesia, yakni Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Bangka Belitung, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Jambi, Gubernur Bali, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Timur, dan Gubernur Jawa Tengah.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita

Kadin Sultra Siap Kawal Pembangunan Industri Baterai di Routa Konawe

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COMKENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra siap mendukung dan mengawal investasi pembangunan pabrik baterai yang rencananya akan dibangun oleh perusahaan asal China dan berlokasi di Kecamatan Routa, Kabupaten Konawe pada tahun 2023 mendatang.

Kadin Sultra bersama Pemprov Sultra melakukan penandatanganan kesepakatan rencana pembangunan pabrik baterai oleh perusahaan asal China, Gostion Hitech di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (22/11/2022) sore.

ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan masuknya investor di wilayah Sultra yang dapat mendorong dan meningkatkan perekonomian daerah.

Sebagai Ketua Satgas Investasi, Anton Timbang akan terus memantau dan mengawal proses perizinan sehingga apa yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan investor dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Baca Juga:  Aman Center: Tangkap Pembakar "Pocong" Ali Mazi

“Jadi intinya, apa yang direncanakan oleh PT Gosen Hitech yang mau berinvestasi pembangunan pabrik baterai di Sultra, Kadin sangat mendukung. Saya yakinkan bahwa kami akan mengawal ini agar mereka dapat berinvestasi dengan nyaman,” ujar Anton.

Anton berharap, pembangunan pabrik baterai ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

“Harapan kami, dengan perencanaan yang ada tadi betul-betul mereka berinvestasi di Sultra. Mereka ini adalah salah satu perusahaan baterai terbesar di dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas mengatakan, dengan adanya pembangunan pabrik baterai ini membawa dampak baik bagi perekonomian daerah dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga lokal.

Baca Juga:  Gubernur: Mendukung TNI Berarti Mendorong Percepatan Pemerataan Pembangunan

“Ini mampu menampung 20 ribu tenaga kerja. Mulai tahun depan mereka supervisi, rencana 2023,” ujarnya.

Lukman berharap dengan masuknya investor dari negara luar masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah agar inverstor lain dapat ikut masuk untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

Forum CSR Sulawesi Tenggara Resmi Dilantik

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KENDARI – Pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (TJSLBU) atau lebih dikenal dengan Forum CSR Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2022 – 2027 resmi dilantik.

Forum CSR ini diketuai oleh La Ode Samsul Barani. Dia dan pengurusnya dilantik oleh Wakil Ketua Umum CSR Indonesia, Aldino Kurniawan di Hotel Azizah Kendari, Jumat (18/11).

Diketahui, Forum CSR Sulawesi Tenggara ini terbentuk dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, dengan Nomor SK: 510 Tahun 2022 tentang pembentukan forum tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha Sulawesi Tenggara.

Wakil Ketua Forum CSR Indonesia, Aldino Kurniawan mengatakan, Forum CSR adalah wadah berhimpunnya kalangan dunia usaha yang memiliki kepedulian dan komitmen kuat dalam penyelenggaraan program dan kegiatan CSR di bidang kesejahteraan sosial.

Baca Juga:  Gubernur: Patung Soekarno Instrumen Bangkitkan Semangat Membangun Sultra

“Jadi setiap perusahaan atau badan usaha di Sultra ini harus bisa memberikan kesejahteraaan sosial kepada masyarakat sekitar,” ujarnya saat membawakan sambutan.

Dia menegaskan, jika perusahaan tidak menjalankan tanggungjawabnya kepada masyarakat dan lingkungannya tempat beroperasi, maka tidak menuntut kemungkinan akan ada sanksi yang diberikan, sebab semua telah tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Sementara itu, Ketua CSR Sultra, La Ode Samsul Barani menyebut, pengurus dalam forum ini adalah elemen masyarakat dari berbagai kalangan baik akademisi, aktivis lingkungan, DPRD, OPD terkait, tokoh masyarakat, mahasiswa, organisasi masyarakat dan pelaku-pelaku usaha lainnya.

Untuk mengeksiskan dan menjalankan tugas sesuai AD/RT Forum CSR Sultra itu sendiri, pihaknya bakal membangun kerja sama dan sinergitas dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Sultra termaksud dengan pihak Pemprov Sultra sendiri.

Baca Juga:  Usai Karung Beras Bergambar Ali Mazi Menuai Sorotan, Wartawan Dilarang Meliput di Rujab

“Semoga dengan terbentuknya Forum CSR Sultra ini, masyarakat bisa merasakan manfaat positif melalui program-program khususnya yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial maupun lingkungan,” tambahnya.

Kendati demikian, La Ode Samsul Barani tidak merinci seberapa banyak perusahaan yang telah bernaung dibawah forum tersebut, namun pihaknya bakal melakukan reker lebih dulu, pendataan perusahaan guna memantau keseriusaan pihak perusahaan dalam memajukan daerah khususnya Sultra.

“Ini semua adalah bentuk tanggungjawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan yang kita cintai,” pungkasnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

Kadin Sultra dan Kadin Kolaka Masukan 47 Ton Beras Lokal ke Alfamidi Daerah Sulawesi

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COMKENDARI – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kadin Kolaka secara perdana melakukan pengiriman beras lokal hasil pertanian di Kabupaten Kolaka.

Pengiriman sebanyak 47 ton beras lokal ini untuk pertama kalinya disalurkan ke toko Alfamidi wilayah distribusi Sultra dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wakil Ketua Umum Bidang Pasar Modal Kadin Sultra, Sastra Alamsyah menjelaskan pengiriman perdana beras lokal dari Kabupaten Kolaka akan masuk ke toko Alfamidi yang berada di pulau Sulawesi.

“Beras lokal masuk ke Alfamidi, dan beras ini diambil dari petani-petani lokal di Kolaka Raya,” ungkapnya, Jumat, 18 November 2022.

Hal tersebut sebagai salah bentuk misi dagang yang dibangun oleh Kadin Sultra, melalui perusahaan binaannya dari Kabupaten Kolaka CV. Zalva berhasil melakukan pengiriman sebanyak satu kontainer dengan berat 47 ton.

Baca Juga:  Terima Sertifikat Propernas dari KLHK, PKT Komitmen Tingkatkan Kinerja Lingkungan

“Ini adalah salah satu misi dagang Kadin Sultra yang berkolaborasi bersama Kadin Kolaka. Ini juga sebagai bentuk sinergi bersama Kadin Daerah dan pengusaha lokal untuk bisa masuk ke Retail marketing,” jelasnya.

Dalam pengiriman beras lokal tersebut, dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Sultra, terkhusus di sektor pertanian.

“Pengiriman beras lokal ini akan menjangkau Wilayah Sulawesi Tenggara dan Wilayah Sulawesi Tengah,” pungkasnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending