Connect with us

Berita

Kapitan Sultra Soroti Dugaan Kerjasama PT AKP dan PT KDI Dalam Kejahatan Pertambangan di Konut

Penulis: Renaldy

Published

on

KENDARI – Perusahaan pertambangan PT Kelompok Delapan Indonesia (PT KDI) dan PT Adhi Kartiko Prtama (PT AKP) yang beroperasi di Kecamata Langgikima, Kabupaten Konawe Utara (Konut) kembali menuai sorotan.

Sorotan itu diutarakan oleh Presedium Koalisi Pemerhati Lingkungan Dan Pertambangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Kapitan Sultra), Asrul Rahmani.

Asrul Rahmani membeberkan bahwa PT KDI dan PT AKP diduga melakukan pelanggaran, baik dari sisi pelanggaran Administrasi, Pidana, maupun Lingkungan.

“Pada 28 Agustus 2023, ada Surat Perintah Berlayar (SPB), tongkang yang berasal dari pelalabuhan Bahodopi menuju ke Jetty PT AKP di Molawe,” ucap Arul asap akrabnya, Kamis (14/9/2023).

Anehnya, dalam perjalan kapal tongkang tersebut tidak sandar di Jetty PT.AKP. Melainkan kata Asrul, sandar di jetty PT.KDI yang ada di desa Matarape Kec.Menui Kepulauan Kab.Morowali Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selain itu, Asrul menduga PT KDI selaku Shipper dan Owner tongkang melakukan Defiasi dan perpindahan tongkang. Yang diduga tidak memeiliki surat perintah olah gerak (Spog) maupun pemberitahuan kepada Syahbandar Molawe.

“Seharusnya tongkang tersebut sandar di Jetty Termum sementara PT AKP. Yang notebenenya masuk wilayah kerja KUPP Kelas I Molawe,” kata Asrul.

Oleh karena itu, Presidium Kapitan Sultra itu, menduga ada korporasi antara Syahbandar Kolono Dale, PT KDI dan PT AKP yang disinyalir terstruktur, sistematis dan masif.

Dugaan itu mencuat, kata Asrul, dibuktikan dengan sandarnya tongkang berbendera Samudera 300-5 yang tidak sesuai trayek atau jalur lintasnya, pada 31 agustus 2023 serta tanpa adanya surat permintaan resmi dari pihak Owner tongkang maupun dari pihak terkait.

Asrul juga menyebut, bahwa adanya indikasi pemalusan titik sandar muat berupa Shiping Intruction yang diduga dikeluarkan PT AKP sebagai penyedia jasa sandar kepada IUP PT KDI, dimana adanya kontrak kerjasama penggunaan Jetty Termum Sementara antara pihak PT AKP dan PT KDI. Asrul menilai, ada kerja sama antara pihak managament PT AKP dan PT KDI terkait penggunaan jalan houling maupun penggunaan Jetty.

“Hal itu sangat bertentangan dengan Undanga-undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang pelayaran, sebab peristiwa tesebut diduga melanggar prosedur dan pertauran,” jelasnya.

Kapitan Sultra juga menduga adanya pelanggaran lingkungan, dimana PT AKP dan PT KDI disinyalir belum mempunyai penampungan limbah cair dan padat, baik itu penampungan limbah di Jetti maupun dalam lokasi pertambangan, serta diduga belum memiliki izin IPAL maupun IPLC.

“Hari ini kami bertandang ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Sultra untuk mengadukan PT KDI perihal dengan pelanggaran lingkungan,” tutur Asrul.

Pihak DLHK Provinsi Sultra Bidang Hukum, mengakui bahwa belum menerima laporan persemester terkait pengelolaan izin lingkungan dari PT AKP dan PT KDI.

“Kami belum menerima laporan persemester terkait pengelolaan izin lingkungan dari PT AKP dan PT KDI,” ujarnya.

Sementara, pihak PT KDI maupun PT AKP untuk dikonfirmasi awak media tidak memiliki akses. Kendati demikian media ini akan berusaha melakukan konfirmasi dan tetap memberikan hak jawab, sehingga pemberitaan tetap berimbang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Bolonamase Siap Kawal Program Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih di Sultra

Published

on

KENDARI – Ketua Kordinator Bolonamase Sultra, Hendra Alimin menegaskan siap mengawal program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Gibran di Sultra.

“Kami siap mengawal program Presiden dan Wakil Presiden Terpilih,” tegasnya.

Lanjutnya bahwa hal tersebut merupakan arahan Ketua Kordinator Nasional, Kuat Hermawan Santoso.

“Ini arahan Ketua kami di pusat,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan bahwa hal tersebut pihaknya lakukan agar program tersebut dapat menyentuh langsung masyarakat.

“Kita kawal, agar program Prabowo Gibran menyentuh langsung masyarakat,” pungkasnya

Untuk diketahui Bolonemase merupakan salah satu organisasi relawan pemenangan Prabowo Gibran di Pilpres 2024.

Continue Reading

Berita

Polda Sultra Gencarkan Patroli Siber Cegah Kampanye Hitam dan Berita Haoks Jelang Pilkada

Published

on

KENDARI – Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) mengerahkan tim patroli siber dalam rangka mengantisipasi kampanye hitam di media sosial maupun berita hoaks menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Sultra 2024.

“Tim patroli di dunia maya dan tim patroli siber sudah kami kerahkan. Apabila ditemukan akun yang melakukan pelanggaran akan langsung dipanggil,” kata Direktur Reskrimsus Polda Sultra Kombes Pol Bambang Wijanarko, pada media Selasa (16/7/2024).

Ia mengatakan, jika kedapatan ada yang melakukan pelanggaran, maka Ditreskrimsus Polda Sultra bekerja sama dengan Kominfo memblokir akun yang bersangkutan dan langsung mengambil langkah penegakan hukum. 

Biasanya kami akan melibatkan pihak Kominfo untuk pengungkapan kasus kampanye hitam atau black campaign pada Pilkada Serentak di Sultra,” ujarnya.

Bambang menemukan  banyak cara dalam menjalankan kampanye hitam yang tujuannya untuk menjatuhkan lawan politik. Salah satu yang paling efektif melalui medsos. Dan efeknya sangat berbahaya terhadap masyarakat.

“Kita juga tahu bersama saat ini masyarakat juga sudah banyak yang berfikir positif dan maju sehingga kampanye hitam itu kadang juga ditolak oleh masyarakat dan tidak mempercayainya karena dianggap berita hoaks,” imbuhnya.

Terkait dengan penyebaran berita hoaks maupun adanya kampanye hitam tersebut, kata Direktur Reskrimsus Polda Sultra, pihaknya memiliki akses untuk menemukan pemilik konten atau akun medsos. 

“Kami pihak kepolisian terus berupaya untuk memberikan rasa aman kepada publik dalam memanfaatkan dunia maya,” pungkas Kombes Pol Bambang Wijanarko.

Continue Reading

Berita

Ribuan Masyarakat Kabupaten Muna Senam Sehat Bersama ASR

Published

on

MUNA – Ribuan masyarakat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak pagi berbondong-bondong memadati lapangan Sarana Olahraga (SOR) Laode Pandu untuk mengikuti senam sehat yang diselenggarakan oleh salah satu Bakal calon (Balon) Gubernur Sultra, Andi Sumangerukka (ASR), Minggu 14 Juli 2024.

Senam sehat tersebut dimeriahkan oleh artis Wilayah Timur, (Daboy) Tampias Fams dan artis ibu kota, Selfi Nafilah. Selain untuk sehat, daya tarik dari masyarakat yang hadir juga adalah berburu doorprize yang disediakan oleh ASR mulai dari 3 unit sepeda motor, 5 buah TV LED, 1 unit sepeda santai dan 5 buah smartphone.

ASR mengatakan, kedatangannya dikabupaten Muna bukan kali ini saja, namun sebelumnya ia pernah melakukan hal serupa dengan melakukan kegiatan jalan sehat yang diselenggarakan ditempat yang sama, SOR Laode Pandu.

“Bersama Relawan di Muna, Inshaa Allah saya akan datang sesering mungkin untuk menyapa warga Muna Raya,” jelas mantan Pangdam XIV/Hasanuddin.

Dihadapan relawan dan masyarakat Muna Raya, ASR mengatakan Jika terpilih sebagai Gubernur Sultra periode 2024-2029, ia komitmen akan membawa amanah untuk masyarakat Bumi Anoa.

“Jika terpilih nanti, kita akan bawa perubahan dan kesejahteraan yang merata untuk masyarakat Sultra,”tandasnya.

Selain mendapatkan doorprize yang telah disiapkan oleh ASR, ia juga memberikan hadiah tanpa undi secara random kepada 30 orang masyarakat yang berada di SOR Laode Pandu kota Raha.

 

 

Penulis: Azizah

Continue Reading

Trending