Connect with us

Pemerintahan

Kantongi 13 Suara, Abdul Azis Terpilih Jadi Wabup Kolaka Timur

Published

on

KENDARIMERDEKA.COM, KOLAKA TIMUR – Abdul Azis terpilih sebagai Wakil Bupati Kolaka Timur (Koltim) sisa masa jabatan periode 2021-2026.

Pemilihan Wabup Koltim itu digelar di Kantor Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim pada Kamis (28/7/2022).

Dari 25 anggota DPRD Koltim yang memilih, Abdul Azis memperolah 13 suara sedangkan Diana Massi memperoleh 11 suara. sementara satu anggota DPRD tidak hadir.

Sejak awal proses pemilihan, suasana di depan kantor DPRD Koltim memanas.

Sejumlah massa yang menggelar demonstrasi memaksa masuk ke area DPRD.

Akibatnya, beberapa mobil yang sedang terparkir di depan Kantor DPRD terkena lemparan batu.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pemerintahan

Partai Pengusung Ajukan 2 Nama Untuk Jabatan Wakil Bupati Kolaka Timur

Rinaldy

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KOLAKA TIMUR – Partai pengusung Samsul Bahri Madjid (SBM) dan Andi Merya Nur telah resmi mengerucutkan dua nama calon Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Timur (Koltim) pengganti antar waktu (PAW) ke Penjabat Bupati Koltim dan Panitia Pemilihan (Panlih), Kamis (7/7/2022).

Dua nama yang diusulkan Pj Bupati Koltim yaitu Abdul Azis dan Diana Massi. Keduanya diusung dari empat partai pengusung SBM-Andi Merya pada Pilkada Koltim 2020 lalu, yakni Gerindra, PDI Perjuangan, Demokrat, dan PAN.

Hal itu berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 176 ayat 2 tentang Pilkada, yang menyebutkan Pj Bupati akan menyerahkan dua nama usulan partai pengusung tersebut ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk dipilih melalui rapat paripurna.

Baca Juga:  KNPI Harap Pilwabup Koltim Berlangsung Aman, Lancar dan Kondusif

“Empat partai pengusung ini sudah bulat mengusulkan dua nama ke Pj Bupati, yang nantinya Pj Bupati akan menyusulkan ke DPRD. Dasarnya UU Nomor 10 Tahun 2016,” ujar Ketua Gerindra Kolaka Timur, Amin, kepada awak media.

Sementara itu, Ketua Demokrat Koltim, Muh Jabal mengatakan bahwa dua nama calon Wakil Bupati yang telah diusulkan partai pengusung adalah jawaban dari pertanyaan masyarakat Koltim selama ini tentang calon Wakil Bupati pengganti antar waktu.

“Apa yang dikehendaki mayarakat Kolaka Timur dalam hal pemilihan wakil bupati pengganti antar waktu sudah terjawab. Dimana empat partai pengusung sudah menelurkan dua nama, sesuai yang dikehandaki undang-undang,” kata Jabal.

Dimana dari empat partai pengusung ini kata dia, Gerindra, Demokrat dan PAN mengusulkan Abdul Azis, dan dari PDI Perjuangan mengusulkan Hj Diana Massi untuk di dorong ke DPRD dalam proses pemilihan Wakil Bupati.

Baca Juga:  DPRD Koltim Ketuk Palu, Tetapkan Program Kerja, Tahapan dan Tatib Pemilihan Wakil Bupati

Jabal menegaskan bawah pemilihan Wakil Bupati Koltim ini adalah kompetisi kekeluargaan.

“Kompetisi ini adalah kompetisi kekeluargaan, dimana kami empat partai adalah partai pengusung SBM kemarin. Demokrat berharap pemilihan ini berlangsung elegan, dan tidak menimbulkan riak-riak di tengah masyarakat,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Ketua PDI Perjuangan Koltim, Aris Mego, berharap setelah adanya usulan dua nama itu, pemilihan wakil bupati segera dilaksanakan oleh panitia pemilihan di DPRD Koltim.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

Isi Kekosongan Pengurus, DPD KNPI Sultra, Resmi Tetapkan Karakter 4 Kabupaten

Redaksi

Published

on

By

Ketua DPD KNPI Sultra, Alvin Aka Wijaya menyerahkan SK kepada Ketua karateker Kabupaten Kolaka, Nukman Lusa

KENDARIMERDEKA.COM, KENDARI – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Sulawesi Tenggara (DPD KNPI SULTRA), resmi menunjuk karateker untuk empat kabupaten yang masih terjadi kekosongan pengurus.

Empat karateker itu ditetapkan dalam rapat pleno pada tanggal 27 Mei 2022 di salah satu Warkop di Kendari.

Empat kabupten itu adalah Kolaka Timur, Konawe, Konawe Kepulauan, dan Buton Selatan.

Kolaka Timur, Alvin menunjuk Nukman selaku ketua karateker Usai penyerahan surat keputusan semalam, Nukman mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada bung Alvin Aka Wijaya Putra, yang telah mempercayayinya untuk mengisi kekosongan kepengurusan tersebut

Ia juga menegaskan bahwa amanah yang diberikan kepadanya akan diemban dengan baik.

Baca Juga:  DPRD Koltim Ketuk Palu, Tetapkan Program Kerja, Tahapan dan Tatib Pemilihan Wakil Bupati

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif, Seni Budaya, dan Pariwisata itu, menjelaskan kalau dirinyaa akan melaksanakan tugas yang diberikan. Sebagaimana bung Alvin meminta kepadanya agar melaksanakan Musda secepatnya.

“Tugas saya sebagai karateker sebatas melaksanakan musyawarah daerah. Selanjutnya, kembali ke provinsi untuk membantu kerja-kerja ketua Alvin,” jelas Nukman

Tak sampai disitu, kata Nukman, SK karateker ini tidak hanya tunggal satu nama. Melainkan ada sekertaris, bendahara dan wakil-wakil ketua. Nama-nama itu, sebagian pengurus provinsi, sebagian pemuda(i) dari daerah untuk bersama-sama melaksanakan musyawarah daerah.

Pria yang akrab disapa James itu membeberkan, selanjutnya pihaknya akan berkomunikasi degan pemerintahan Kolaka Timur. Dalam hal ini Pj Bupati dan Dinas-dinas terkait kepemudaan.

Baca Juga:  Partai Pengusung Ajukan 2 Nama Untuk Jabatan Wakil Bupati Kolaka Timur

“Insya Allah kami bisa bersinergi dengan unsur pemerintahan. Biar agenda musyawarah daerah terlaksana cepat sebelum berakhir masa tugas,” bebernya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

NasDem Buka Peluang Untuk Semua Calon Wakil Bupati Koltim

Penulis: Rinaldy

Published

on

By

Ketua DPD NasDem Kolaka Timur, Yudo Handoko

KENDARIMERDEKA.COM, KOLAKA TIMUR – Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kolaka Timur, belum mau menentukan sikap atau arah dukungan pada Pemilihan Wakil Bupati Kolaka Timur, yang akan diselenggarakan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim.

Sekalipun partai dengan pemilik kursi terbanyak di DPRD ini, NasDem tidak mau terburu-buru menentukan sikap kepada salah satu calon tertentu. Diketahui sudah tiga nama calon wakil bupati yang muncul di publik, ketiga sudah memegang surat rekomendasi dan surat tugas dari empat partai pengusung.

Ketiga nama tersebut antara lain, Abdul Azis, Diana Massi dan Dalle Efendi. Abdul Azis mengantongan surat rekomendasi partai Gerindra, Diana Massi direkomendasikan PDIP sedangkan Dalle Efendi mengantongi surat dari DPP partai Demokrat.

Baca Juga:  NasDem Buka Peluang Untuk Semua Calon Wakil Bupati Koltim

“Nasdem belum tentukan sikap, apalagi mau mendukung salah satu calon. Nasdem akan melihat visi misi ketiga calon terlebih dahulu, lalu kami putuskan di rapat internal partai,” Kata Yudo Handoko kepada media ini di Kendari, Senin (7/2/22).

Yudo menjelaskan, komunikasi kepada tiga calon wakil bupati Koltim sudah sering dilakukan, Nasdem kata dia membuka ruang kepada semua calon yang muncul di publik. Pihaknya membiarkan sepenuhnya calon wakil bupati untuk berkompetisi dengan baik dalam pentas politik ini.

“Untuk komunikasi sudah kami lakukan, baik kepada Ibu Diana Massi, Pak Azis maupun dengan Pak Haji Dalle sendiri. Intinya kami akan melihat mana calon potensial dan calon yang kedepan bisa menang dan membawa perubahan untuk Kolaka Timur,” Jelasnya.

Baca Juga:  KNPI Harap Pilwabup Koltim Berlangsung Aman, Lancar dan Kondusif

Nasdem sendiri untuk diketahui memiliki 8 kursi di DPRD. Mereka adalah pemilik suara mayortitas pada pemilihan wakil bupati Koltim kedepan. Yudo menerangkan, tidak menutup diri apalagi membatasi ruang gerak para anggota DPRD Koltim dari Partai Nasdem. Kata dia, banyak informasi bahwa anggota DPRD dari Nasdem sudah bertemu dengan tiga calon wakil bupati Koltim.

“Saya selaku ketua Nasdem Koltim tidak mau membatasi anggota. Silakan saja bertemu dan berkomunikasi dengan calon wakil bupati. Tetapi kedepannya kita harus tetap putuskan mana yang akan didukung. Saya sendiri sudah ketemu dengan para calon wakil ini. Pada prinsipnya kami membuka ruang kepada semua calon,” Terangnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending