Connect with us

Politik

GPMI Nilai Bupati Muna Ingkari Janji Kampanye

Penulis : Redaksi

Published

on

Ketua Gerakan Persatuan Mahasiswa Indonesia, Alfin.

KendariMerdeka.com, Muna – Gerakan Persatuan Mahasiswa Indonesia (GPMI) menilai Bupati Muna, Rusman Emba ST belum sedikitpun menepati janji saat berkampanye pada Pilbup lalu. Sudah 4 tahun memimpin Muna, Rusman dinilai belum melakukan pembangunan.

Ketua GPMI, Alfin mengungkapkan, Rusman Emba sewaktu melakukan kampanye, akan melakukan pembangunan jalan di 22 Kecamatan di Kabupaten Muna. Namun, jika dilihat dengan kasat mata, Kader PDIP tersebut belum melakukan pembenahan di masa kepemimpinannya.

“Hampir 100% terdapat jalan yang rusak parah. Pembangunan jalan yang seharusnya menjadi tanggung jawab Pemda Muna. Seperti di Muna Timur terdapat hampir 100% jalan rusak parah. Jalan-jalanlah juga di ibu kota kecamatan Pasir putih Desa Pola, untung-untung kendaraan roda empat bisa masuk, ketika keluar dari desa Pola kadang mobil terbanting dan tidak bisa menanjak karena jalan yang rusak parah,” beber Alfin.

Baca Juga:  Konsep Pamungkas Kamaruddin Hingga Berani Maju di Pilkada Muna

Saat ini, masyarakat lebih memilih menggunakan jalan tani yang bersumber dari dana desa.

“Saudara-saudara yang terhormat memang enteng berpidato di media sosial. Tapi tidak tau atau pura-pura tidak mau tau mengenai pembangunan jalan yang amburadul di beberapa kecamatan,” sindir Alfin.

Alfin memaparkan, pembangunan puskesmas, jalan, jembatan, penyempurnaan pasar, penyempurnaan Rumah Sakit dan penyempurnaan tempat wisata. Itu merupakan pembangunan yang normatif dan wajib di lakukan oleh daerah sebagaimana amanat UU Nomor 25 tahun 2004 tentang pembangunan nasional, yang di kerjakan oleh daerah.

“Di mana janji Bupati Muna (Rusman Emba) mengenai kesehatan gratis ? Pembangunan jalan di 22 kecamatan sekabupaten Muna hampir 100% terdapat jalan yang rusak parah,” katanya.

Baca Juga:  Bupati Muna Polisikan Mantan Gurunya Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik, Aman Center: Jangan Kriminalisasi Guru

Kata Alfin, pembanguan itu memiliki kategori. Seperti, pembangunan ekonomi, pembangunan politik, pembangunan tata negara, pembangunan infrastruktur dan lain-lain.

“Yang selalu dilontarkan oleh tim sukses Bupati Muna Rusman Emba di media sosial itu pembangunan infrastruktur, pembangunan infrastruktur ada dua yaitu statis dan dinamis, statis itu tidak bergerak seperti jalan, gedung-gedung dan lain-lain. Dinamis itu bergerak seperti mobil, motor dan lain-lain,” ujarnya.

Membangun itu kata Alfin, merupakan investasi untuk generasi 100 tahun kedepan, dan dapat di rasakan oleh masyarakat umum.

“Lihatlah pasar modern Laino dan RS Muna yang di bangun mantan Bupati Muna Bapak Baharudin, itu adalah investasi daerah yang akan dirasakan generasi yang akan datang. Masjid Al Munajat, SOR, dan timbunan bypass yang di bangun oleh Mantan Bupati Muna Ridwan Bae, dengan dana yang saat ini tidak terlalu tinggi nilainya tapi hasilnya dapat dirasakan oleh pemerintah dan masyarakat,” paparnya.

Baca Juga:  PKB Resmi Berikan Formulir B.1-KWK ke Rusman-Bachrun dan Aswadi-Fahrul

Menurut Alfin, dua bupati sebelum Rusman, memiliki investasi pembangunan yang sangat luar biasa. Alasannya, karena mampu merubah wajah Kabupaten Muna menjadi lebih baik.

Facebook Comments

Politik

Pendaftaran Calon Wabup Koltim Dibuka, Abdul Azis Resmi Mendaftar

Penulis : Rinaldy

Published

on

By

KENDARIMERDEKA.COM, KOLAKA TIMUR – Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kamis (21/7) membuka pendaftaran Cawabup Koltim sisa masa jabatan periode 2021-2026.

Dihari pertama, Andi Azis didampingi sejumlah Pimpinan Partai Politik dan simpatisan resmi mendaftar.

Bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Koltim, berkas dibawa langsung di Sekertariat Panlih Wabup Koltim.

Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir yang menerima berkas pendaftaran menyebutkan, hari ini Panlih Wabup koltim sudah menerima berkas salah satu calon yang dibuktikan dengan berita acara penerimaan berkas.

“Dan besok, InsyaAllah kita menunggu salah satu Calon Wakil Bupati lagi,” ujar Suhaemi saat ditemui usai menerima berkas pendaftar.

Baca Juga:  Konsep Pamungkas Kamaruddin Hingga Berani Maju di Pilkada Muna

Suhaemi menambahkan, setelah pendaftaran calon, tahapan selanjutnya yaitu verifikasi berkas. Kemudian, sambung dia, pihaknya akan melakukan rapat paripurna penetapan dua calon tersebut.

“Itu kita sudah agendakan semua. Sampai hari H pemilihan,” kata Suhaemi.

Lanjutnya, setiap tahapan pemilihan Cawabup Koltim sesuai dengan juknis dan Undang-Undang. Dimana, tahapan pertahapan serta langkah-langkah dilakukan sesuai dengan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“InsyaAllah sampai hari H pemilihannya, kita upayakan agennda itu berjalan sesuai dengan rencana. Kita sudah mengagendakan, mohon doanya tidak ada halangan, sesuai jadwal tahapan yang sudah ditetapkan DPRD,” harap Suhaemi.

Pemilihan ini merupakan aspirasi masyarakat Koltim yang sudah lama dinanti-nantikan. Perjalanan cukup panjang dari akhir Desember, Panlih sudah menetapkan tahapan – tahapan.

Baca Juga:  PKB Resmi Berikan Formulir B.1-KWK ke Rusman-Bachrun dan Aswadi-Fahrul

“Alhamdulillah hari ini baru bisa terlaksana dengan pendaftaran calon dan langsung kita proses,” cetusnya.

Dikesempatan yang sama, Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Koltim, Abraham menguraikan agenda pemilihan Cawabup Koltim yakni mulai dari pendaftaran calon yang dimulai dari tanggal 21 hingga 22 Juli.

Kemudian, sambung dia, tanggal 26 Juli rapat paripurna penetapan dua nama dan penetapan nomor urut calon wabup. Selanjutnya, tanggal 27 Juli, rapat paripurna penyampaian visi – misi.

“Tanggal 28 Juli, rapat paripurna pemungutan dan perhitungan suara. Siang harinya, rapat paripurna penentuan hasil pemungutan dan perhitungan suara,” beber Abraham.

Abraham mengatakan, setelah agenda pemilihan akan dilaksanakan rapat paripurna penetapan Wabup Koltim pada tanggal 29 Juli.

Baca Juga:  Bupati Muna Polisikan Mantan Gurunya Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik, Aman Center: Jangan Kriminalisasi Guru

“Siangnya, rapat paripurna pengusulan, pengesahan dan pengangkatan Wabup terpilih sisa jabatan 2021-2026. Proses selanjutnya pelantikan, urusan Kemendagri melalui usulan Biro Pemerintah Provinsi,” tutupnya.

Facebook Comments
Continue Reading

Berita

Terpilih Aklamasi, Alfian Tajuddin Nahkodai DPC Partai Demokrat Konut

Penulis: Rinaldy

Published

on

By

Ketua DPC Partai Demokrat Konawe Utara, Alfian Tajuddin

KENDARIMERDEKA.COM, KONAWE UTARA – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Konawe Utara (Konut) menghadirkan ketua yang baru. Alfian Tajuddin didaulat sebagai Ketua DPC PD Konut berlangsung secara aklamasi pada musyawarah cabang (Muscab) PD Sultra yang digelar beberapa hari lalu.

Ketua DPC Partai Demokrat Konut, Alfian Tajuddin mengucapkan rasa syukur kepada kader demokrat yang telah memberikan amanah dan tanggungjawab kepada dirinya untuk memimpin DPC PD Konut.

“Alhamdulilah, ini menjadi amanah dalam mengibarkan panji-panji partai besutan Agus Harimurti Yudoyhono di Kabupaten Konut,” ujar pria yang kerap disapa AT.

Ketua DPC APBMI Konut ini menjelaskan dalam waktu dekat, dirinya beserta kepengurusan baru DPC PD Konut akan melakukan rapat evaluasi terhadap kader Partai Demokrat dalam menyongsong pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan bupati dan wakil bupati 2024 mendatang.

Baca Juga:  Mantan Kasek SMP 5 Raha dipolisikan Bupati Muna Atas Tuduhan pencemaran nama Baik

“Struktur kepengurusan diinternal partai kita  akan benahi. Tentunya pembenahan tersebut mulai kita lakukan sebelum dilakukan pengukuhan pengurus baru DPC PD Konut,” ujar alumnus Fisip Unhalu.

Kehadiran AT dipentas politik akan menjadi warnah tersendiri perpolitikan di Konut. AT yang berlatar belakang sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Konut menjadi catatan tersendiri.

Untuk target perolehan kursi di Pilcaleg, Alfian Tajuddin enggan muluk-muluk. Satu kursi setiap daerah pemilihannya menjadi poin penting dalam mengibarkan bendera Partai Demokrat di Konut.

“Kita targetkan satu dapil satu kursi. Kita optimis dapat meraihnya. Tentunya dengan kader yang solid dan militan yang dicintai rakyatnya,” pungkasnya.

Facebook Comments
Continue Reading

Ekobis

Giat Reses Hari Kedua di Kelurahan Mata, AJP Siap Keluarkan Dana Pribadi

Penulis : mit

Published

on

By

Ketua Komisi III DPRD Profinsi Sultra, Aksan Jaya Putra saat melakukan Reses di Kelurahan Mata (3/2).

KENDARIMERDEKA.COM, KENDARI –
Anggota Komisi III DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra menggelar reses di Kelurahan Mata, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (3/2/2022).

Dalam agenda resesnya kali ini, politisi dari Fraksi Partai Golkar itu mendapatkan rasa antusias yang tak kalah baiknya dari kelurahan sebelumnya

Namun ditengah antusiasme warga tersebut dirinya mengaku menyayangkan ketidakhadiran beberapa pihak yang menjadi perangkat penting yakni pemerintah kelurahan dan kecamatan

“Ini yang sangat saya sayangkan, mengapa dari kelurahan dan kecamatan tidak hadir. Kegiatan reses ini agenda penting dan resmi, bukan agenda politik,” ungkapnya

Di samping itu, salah satu perwakilan warga RW 02 Kelurahan Mata, Barhing mengaku senang, karena dengan adanya reses anggota DPRD Sultra ini, masyarakat dapat menyampaikan segala keluhan dan aspirasi mereka.

Baca Juga:  PKB Resmi Berikan Formulir B.1-KWK ke Rusman-Bachrun dan Aswadi-Fahrul

“Kami merasa cukup puas dengan apa yang disampaikan Pak AJP, dan nantinya kami juga berharap Pak AJP bisa merealisasikan masukan dari warga,” ucap wati, salah seorang warga

Wakil Ketua Komisi III tersebut juga mengaku akan membantu pembangunan dua Masjid yang ada di Kelurahan Mata melalui dana pribadinya.

“Insya Allah terkait bantuan pribadi tadi bisa kita tanggulangi, tinggal kita minta rinciannya saja apa yang dibutuhkan,” jelasnya

Ia menambahkan, beberapa keluahan warga merupakan kewenangan pemerintah kota (Pemkot). Namun kata dia, meskipun begitu pihaknya akan tetap mencoba mengkonfirmasikannya kepada Pemprof

“Sebagian keluhan warga tadi masuk wewenang pemprof, takutnya terjadi tumpang tindih anggaran jidi mubazir tami kami akan koordinasikan kalau bisa diintervensi ya kita diambil,” pungkasnya

Baca Juga:  Bupati Muna Polisikan Mantan Gurunya Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik, Aman Center: Jangan Kriminalisasi Guru

Facebook Comments
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending