Connect with us

Politik

Bupati Muna Polisikan Mantan Gurunya Atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik, Aman Center: Jangan Kriminalisasi Guru

Penulis: Kur

Published

on

irektur Aman Center, La Ode Rahmat Apiti.

KendariMerdeka.com, Kendari – Rencana Bupati Muna LM Rusman Emba yang akan melaporkan mantan gurunya La Morisuno atas tuduhan pencemaran nama baik mendapat sorotan dari Aman Center.

Direktur Aman Center, La Ode Rahmat Apiti mengatakan, langkah yang diambil oleh Bupati Muna sangat disayangkan. Menurutnya, melaporkan seorang mantan Guru merupakan sikap tidak terpuji.

“Rencana Bupati Muna (LM Rusman Emba_Red) yang mau mengkriminalisasi mantan guru SMP patut di sayangkan, tindakan yang tidak etis seorang mantan siswa mau penjarakan gurunya,” Ujar La Ode Rahmat Apiti.

Sebagai Bupati kata Rahmat seharusnya bertindak bijak. Apalagi dirinya sebagai mantan siswa.

“Seharusnya menghargai jasa gurunya, jangan kriminalisasi guru tersebut,” katanya.

Para guru se Sultra lanjut Rahmat, sangat menyayangkan tindakan Bupati Muna tersebut. Dari informasi yang ia peroleh, para guru aktif dan yang sudah pensiun kecewa dengan tindakan Calon Bupati yang diusung PDIP tersebut.

“Ribuan pesan singkat masuk di call center aman center. Kecewa dengan langkah yang diambil oleh Bupati Muna,” Kata Odet sapaan akrab La Ode Rahmat Apiti.

Aman center dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan ketua PGRI sultra untuk mendampingi La Morisuno.

“Secara informal ketua PGRI Sultra (Dr Halim Momo_Red) kami suda komunikasi mungkin besok kami adakan konsolidasi,” tutupnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Bupati Muna LM Rusman Emba telah ditudu menipu mantan gurunya La Morisuno, atas dasar itu, sehingga Rusman melalui kuasa hukumnya akan melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib. Orang nomor satu di bumi sowite itu, merasa nama baiknya telah dicemarkan oleh mantan Kepala Sekolah (Kasek) SMP 5 Raha, La Morisuno dengan tuduhan tidak melunasi utang, sebagaimana yang telah diberitakan di salah satu media online.

Rusman mengaku sama sekali tidak pernah menerima uang dari mantan gurunya itu. Kalau memang ditransfer, sama siapa karena disini harus ada bukti yang dipertanggunjawabkan.

“Tidak benar itu, saya sudah memberi kuasa kepada pengacara untuk segera melapor ke pihak berwajib. Silahkan perlihatkan buktinya nanti saat di pihak berwajib. Jangan hanya menebar fitnah,” kata pria yang akrab disapa bang Uman itu.

Ketua Bapilu PDIP Sultra itu menerangkan, La Morisuno yang kala itu menjadi kasek di daerah terpencil, lalu dipindahkan sebagai kasek SMP 5 di pusat kota. Itu dilakukan untuk membalas budi dan jasa pada La Morisuno yang tidak lain sebagai gurunya di SMP 2 Raha kala itu. Selama menjadi kasek, Rusman memberikan kewenangan pada La Morisuno mengelola DAK untuk rehabilitasi gedung sekolahnya.

“Kalau memang ada utang itu, kenapa selama tiga tahun menjadi kasek, dia tidak pernah menagih. Kalau benar ada, Saya pasti lunasi,” ungkapnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Serius Maju Pilwali Kendari, Haris Andi Surahman Daftar ke Penjaringan Demokrat, PDIP dan Perindo

Published

on

KENDARI – Bakal calon (Balon) Wali Kota Kendari, Haris Andi Surahman usai menyatakan kesiapannya maju pada bulan September 2023, pihaknya terus bergerak untuk mendapatkan kendaraan partai politik untuk maju di Pilwalkot Kendari.

Pada 20 November 2023, Haris Andi Surahman berhasil mendapatkan surat tugas dari partainya, Partai Golkar. Surat Tugas dengan Nomor: Sprin-1070/DPP/GOLKAR/XI/2023.

Disela-sela kesibukannya melakukan pembentukan tim dan sosialisasi di masyarakat, Haris Andi Surahman terus melakukan komunikasi politik dengan pihak partai politik dan beberapa balon lainnya.

Haris Andi Surahman juga mendaftarkan dirinya di penjaringan Partai Demokrat, PDIP dan Perindo.

“Seperti pernyataan saya sebelumnya, saya siap untuk maju di Pilwalkot Kendari,” kata Mantan Wabendum DPP Golkar.

Haris yang juga mantan Wakil Sekretaris DPP AMPG Golkar ini mengungkapkan untuk saat ini pihaknya fokus untuk mendapatkan kendaraan dari partai politik.

“Sekarang kita fokus untuk mendapatkan dukungan partai politik,” ungkap Pengurus Kadin Indonesia Bidang Hubungan Legislalatif dan Pengurus Majelis Nasional Kahmi sebagai Ketua bidang Perindustrian

“Untuk saat ini kita sudah daftar di penjaringan partai Demokrat, PDIP, dan Perindo,” tambah mantan Sekretaris Lembaga Pengelola Kaderisasi DPP Golkar.

Mantan Calon Wakil Wali Kota Kendari ini juga membeberkan bahwa dilain pihaknya telah membangun komunikasi dengan beberapa figur lainnya.

“Ada beberapa balon yang komunikasi,” pungkasnya.

Continue Reading

Politik

Lukman Abunawas Siap Maju Pilgub Sultra, Bakal Pilih Wakil dari Kepulauan

Published

on

KENDARI – Lukman Abunawas, satu diantaranya figur yang digadang-gadang akan maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024. Lukman Abunawas menyatakan siap bertarung.

Dia menegaskan niatannya maju, saat menghadiri buka besama (Bukber) dengan ratusan masyarakat, disalah satu Cafe di Kota Kendari, Sabtu (5/4/2024).

Lukman menerangkan, isu-isu yang menyebut dirinya akan maju sebagai 02 itu hanya pengalihan isu, yang ingin menggiring opini, seolah-olah dirinya tak serius menatap Pilgub Siltra 2024.

“Saya siap maju jadi 01 (Calon Gubernur Sultra), bukan 02 (Calon Wakil Gubernur Sultra). Untuk apa 02, saya sudah pernah jadi wakil,” ucap dia.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sultra ini menuturkan bahwa, saat ini partainya tinggal membutuhkan 3 kursi dari 9 kursi syarat mengusung calon.

Oleh karena itu, Lukman mengaku untuk mencukupkan 9 kursi, dirinya tengah melakukan komunikasi-komunikasi politik dengan sejumlah partai politik (Parpol) yang memiliki kursi legislatif.

Meski begitu, ia enggan menyebutkan secara detail partai-partai mana saja yang sudah dijalinnya untuk berkoalisi di Pilgub Sultra 2024 mendatang.

“Kami hanya butuh 3 kursi guna mencukupi kursi untuk mencalonkan atau mengusung,” jelasnya.

Ihwal calon pendampingnya, Mantan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023 ini menambahkan, untuk 02, dirinya belum bisa menentukan. Ia masih menjaring dan melihat mana yang cocok untuk menjadi wakilnya.

Namun yang jelas, Lukman Abunawas akan memilih Calon Wakil Gubernur Sultra, diluar dari wilayah daratan Sultra.

“Mau perempuan atau laki-laki yang pasti dari kepulauan,” pungkasnya.

Continue Reading

Politik

Abdul Rahman Ambil Formulir Penjaringan Bakal Calon Wali Kota Kendari di Kantor PDIP

Published

on

KENDARI – Dr Abdul Rahman kembali mengambil formulir penjaringan Bakal calon Walikota Kendari di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Kendari, Jumat (05/04/2024).

Melalui Liasion Officer (LO), Hidayatullah didampingi Ketua Dewan Pakar dan Tim Strategis Pemenangan, Fachmi Djambak serta Divisi Humas Tim Pemenangan, Dedi.

“Kami bersama Ketua Dewan Pakar pak Doktor Fachmi dan juga Humas pak Dedi, kembali datang mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Wali Kota di sekretariat PDIP Kota Kendari, dan alhamdulillah di terima oleh Wakil Sekertaris pa Gusti,” kata Hidayatullah.

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini, paska pengambilan berkas pihaknya akan segera melengkapi kemudian di kembalikan paska lebaran idul Fitri nanti.

“Insya Allah  formulir ini, nanti kita akan kembalikan paling lambat tanggal 20 April,” ungkapnya.

Sebelumya, Abdul Rahman juga telah mengambil formulir di dua partai yang berada yakni telah di usulkan oleh Golkar dan juga telah mendaftar di partai Demokrat.

“Sekang kita sudah tiga partai kita mengambil formulir pendaftaran, yang pertama Golkar lalu Demokrat dan hari ini PDIP,” bebernya.

Selain tiga partai itu, menurut mantan ketua KNPI Sultra ini, selanjutnya masih ada lagi partai yang menjadi sasaran, salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN).

“Kita terus melakukan komunikasi dengan parpol lainya juga, kemungkinan dalam waktu dekat ini kita juga akan mendaftar di PAN Kota Kendari dan PKS,” tutupnya.

Sementara itu,  tim penjaringan balon Walikota PDIP Kota Kendari Gusti Made Sudiarmayun, membenarkan pembagian formulir pendaftaran balon Walikota Dr Abdul Rahman.

“Tadi pa Abdul Rahman melalui tim LO nya sudah mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Walikota,” singkatnya saat dihubungi media ini.

Continue Reading

Trending