Connect with us

Ekobis

BLK Kendari dan DPRD Sultra Sinergikan Program Kerja

Published

pada

KendariMerdeka.com, Kendari – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai sinergikan program-program kerja sesuai kebutuhan masyarakat.

Proses tersebut diawali dengan silaturahmi yang dilakukan Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu bersama rombongan kepada Ketua DPRD Sultra H. Abdul Rahman Saleh, S.H.,M.Si. bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD Sultra, Senin (13/7/2020).

Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dalam agenda tersebut juga melaporkan hasil kerja-kerja BLK Kendari sebelum Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda dan setelah melanda hingga saat ini.

“Informasi ini penting kita sampaikan agar program kerja kita sama, sebagaimana target yang diinginkan,” tuturnya.

Ia menjelaskan, BLK Kendari memiliki beberapa jenis paket pelatihan, seperti boarding atau pelatihan yang siswanya di asramakan, non boarding atau pelatihan yang siswanya tidak di asramakan dan Mobile Training Unit atau pelatihan yang dilaksanakan di desa-desa pada setiap kabupaten/kota.

Baca Juga:  BLK Kendari dan Dua BLK Komunitas Teken MoU Jalankan Paket Pelatihan

“BLK Kendari adalah Lembaga Pelatihan bagi calon tenaga kerja yang belum memiliki skill kompeten dengan belasan kejuruan yang kami buka, dimana pelatihannya disebut Pelatihan Berbasis Kompeten (PBK). PBK inilah yang menjadi kegiatan inti bagi BLK Kendaei, akan tetapi karena pandemik Covid-19 maka kami selenggarakan pula pelatihan Tanggap Covid-19 dengan pelatihan meliputi pembuatan masker, pembuatan wastafel, dan memasak, serta pembuatan disinfektan,” beber orang nomor satu di BLK Kendari ini.

Dalam kesempatan silaturahim itu juga, mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI meminta kepada Ketua DPRD Sultra Abdul Rahman Saleh untuk mendukung dan sekaligus memberikan arahan agar program2 yang dilakukan oleh BLK Kendari benar-benar dapat menjawab kebutuhan masyarakat terutama dalam meningkatkan keahliannya dalam rangka mencari kerja atau menciptakan lapangan kerja.

Baca Juga:  BLK Kendari Menjahit Sendiri Masker untuk Didonasikan

“Kita berencana membuka paket pelatihan otomotive alat berat agar masyarakat kita yang ingin bergelut di wilayah kerja pertambangan bisa memiliki daya saing,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sultra Abdul Rahman Saleh mengucapkan terimakasih atas kunjungan silaturahmi Kepala BLK Kendari bersama rombongan.

“Terimakasih banyak atas kunjungannya, apalagi agenda silaturahmi ini sekaligus mensinergikan program kerja kedua lembaga” katanya.

Abdul Rahman Saleh juga mendukung keinginan BLK Kendari untuk mengusahakan tambahan perluasan bagi BLK Kendari untuk menjadi lokasi pembangunan workshop alat berat.

“Kami menaruh harapan besar kepada BLK Kendari untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat Sultra, untuk itu inovasi pelatihan di sana sangat penting dan perlu diapresiasi. Kami juga mengucapkan terima kasih atas segala kegiatan positif BLK Kendari dalam bersinergi Program dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, terutama perannya dalam Tanggap Covid-19 sebagai upaya bersama kita dalam memutus mata rantai Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tenggara ” tutupnya.

Baca Juga:  BLK Kendari dan Dua BLK Komunitas Teken MoU Jalankan Paket Pelatihan

Acara silaturahim dan pertemuan yang sangat familiar tersebut diakhiri dengan saling tukar cinderamata antara kedua belah pihak serta foto bersama.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Satgas HPM Ancam Cabut Izin Surveyor Jika Manipulasi Verifikasi Kadar Nikel

Redaksi

Published

pada

By

KendariMerdeka.com, Jakarta – Ketua Pelaksana Tim Kerja Pengawasan Pelaksanaan Harga Patokan Mineral atau HPM Nikel Septian Hario Seto menargetkan perselisihan verifikasi kualitas nikel selesai dalam waktu satu minggu ke depan.

Hal ini dilatarbelakangi oleh aduan yang diterima Tim Satgas, dari pembeli dan penjual nikel terhadap pihak surveyor yang berwenang memverifikasi kualitas dan kuantitas bijih nikel, dalam suatu proses jual-beli.

Seto pun menegaskan bahwa seluruh permasalahan antara surveyor dengan pihak penjual yang saat ini ada, akan selesai dalam satu minggu ke depan. Begitu pula dengan Certificate of Analysis atau COA yang belum terbit, diminta untuk segera diterbitkan dalam kurun waktu satu minggu.

“Tidak boleh ada kesalahan dalam COA, semua harus diselesaikan sesuai target timeline. Kami selaku Tim Satgas akan terus monitor perkembangan aktivitas para surveyor. Apabila ditemukan kesalahan yang disengaja, maka kami tidak akan segan merekomendasikan pencabutan izin operasi,” tegasnya dalam keterangan tertulis pada Kamis (4/12/2020).

Baca Juga:  BLK Kendari dan Dua BLK Komunitas Teken MoU Jalankan Paket Pelatihan

Ia menceritakan bahwa tim Satgas HPM Nikel telah menerima banyak laporan komplain dari pihak pembeli terhadap pihak surveyor terkait kegiatan transaksi dan verifikasi mineral logam, khususnya nikel.

“Pihak penjual telah melaporkan adanya perselisihan dalam hasil verifikasi kualitas dan kuantitas bijih nikel yang dikeluarkan oleh pihak surveyor,” terang Seto.

Ia juga menambahkan bahwa keluhan lain yang diterima adalah pihak surveyor memakan waktu yang sangat lama dalam menerbitkan COA. Bisa disimpulkan, sertifikat tersebut masih belum diterbitkan meski sudah di luar jangka waktu yang tertera dalam kontrak.

“Untuk itu, kita akhirnya mengundang seluruh surveyor untuk meminta penjelasan dan menegaskan kembali aturan yang ada di Permen ESDM,” jelasnya.

Baca Juga:  BLK Kendari Menjahit Sendiri Masker untuk Didonasikan

Sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2020, apabila terdapat perbedaan hasil verifikasi kualitas mineral logam antara Pemegang IUP(K) Operasi Produksi Mineral Logam dengan pihak pembeli di dalam negeri, maka penentuan kualitas mineral logam mengacu pada hasil pengujian yang dilakukan oleh pihak ketiga yang disepakati bersama sebagai wasit atau umpire.

“Setiap kegiatan pelaksanaan jual beli dan verifikasi kualitas bijih nikel harus mengikuti standar internasional dan jika ada dispute harus menggunakan mekanisme yang diatur dalam Permen ESDM dengan menggunakan wasit,” tandas Seto.

Sementara itu di Sulawesi Tenggara juga terdapat banyak komplen yang datang dari sejumlah Pengusaha tambang yakni penjual biji nikel mengenai masalah dugaan permainan kadar nikel dan lamanya penerbitan verifikasi COA yang dikeluarkan oleh para surveyor.

Baca Juga:  BLK Kendari dan Dua BLK Komunitas Teken MoU Jalankan Paket Pelatihan

Wartwan media ini mencoba mengonfirmasi salah satu surveyor yang ada di Sultra yakni Carsurin. Kepala Cabang Carsurin, Jamal yang diwawancari mengenai jangka waktu hasil uji lab kadar biji nikel mengaku tak mengetahui secara pasti. Sebab tehnis itu dapat dijelaskan oleh pihak Marketingnya. Dia mengaku bahwa hasil uji tersebut dapat diperoleh tergantung dari pensanan konsumen. Jika ditanya waktunya, dia tak bisa menjelaskan. Alasannya jangka waktunya sangat tentatif.

“Saya tidak berani menyampaikan soal jarak waktunya, karena sifatnya tentatif. Kita hanya bagian operasional. Yang lebih tau tehnisnya bagian marketing kami,”ujarnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Berita

222 Orang Dinyatakan Lolos Berkas di PT VDNI

Penulis: Raimudin

Published

pada

By

Kepala Bagian (Kabag) Humas, dan Protokoler Pemda Kabupaten Konawe, Sukri Nur

KendariMerdeka.com, Konawe – Sebanyak 222 orang calon karyawan yang dinyatakan lulus berkas, divisi Dump Truck tahap 12, di PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Minggu 15/11/2020.

Kepala Bagian (Kabag) Humas, dan Protokoler Pemda Kabupaten Konawe, Sukri Nur mengungkapkan, Rapid tes bagi peserta yang di nyatakan lolos berkas di jadwalkan Selasa 17/11/2020, mulai pukul 08:00-15:00 Wita di BLUD RS Konawe, dan tes lapangan rabu 18/11/2020 mula pukul 08:00 Wita sampai selesai di PT VDNI Morosi.

Lihat Pengumumannya di Bawah Ini !

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

Ekobis

Bank Sultra Pastikan Dana Nasabah Aman

Penulis: Hamid

Published

pada

By

Ilustrasi.

KendariMerdeka.com, Kendari – PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra) memastikan dana simpanan masyarakat pada Bank Sultra aman, bahkan ditengah maraknya modus kejahatan perbankan.

Sekretaris Perusahaan Bank Sultra Hadiman melalui siaran pers pada hari Jum’at tanggal 24 Juli 2020 menyampaikan bahwa Bank Sultra senantiasa berfokus dalam memberikan perlindungan pada nasabah. Dimulai dari buku tabungan yang dilengkapi dengan nomor registasi untuk mencegah pemalsuan, ATM Bank Sultrapun telah dilengkapi dengan tekhnologi Chip untuk mencegah skimming, serta pemasangan kamera CCTV pada mesin-mesin ATM Bank Sultra.

Selain itu disampaikan juga bahwa pihak Bank Sultra dibulan Maret lalu menerima pengaduan dari nasabah perihal penarikan dana yang tidak dilakukan oleh nasabah yang bersangkutan.

Baca Juga:  BLK Kendari dan Dua BLK Komunitas Teken MoU Jalankan Paket Pelatihan

“Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) penangan dan penyelesaian pengaduan nasabah, maka pengaduan nasabah tersebut telah kami selesaikan sehingga tidak ada kerugian dari sisi nasabah “ ungkap Hadiman.

“Namun memang kami tidak pungkiri, seiring dengan perkembangan zaman dan
tekhnologi, banyak sekali modus penipuan. Salah satunya memanfaatkan resi atau struk transaksi anjungan tunai mandiri (ATM)” tambahnya.

Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih memperhatikan resi atau struk setelah melakukan transaksi pada anjungan tunai mandiri (ATM) dan bijak dalam menyampaikan informasi pribadi pada khalayak tambah Hadiman Selanjutnya untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, Bank Sultra juga telah memiliki prosedur penanganan dan penyelesaian pengaduan nasabah.

Baca Juga:  BLK Kendari Menjahit Sendiri Masker untuk Didonasikan

“Pengaduan secara tertulis akan kami tangani dan diselesaikan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Dan seluruh pengaduan nasabah yang kami terima secara berkala kami laporkan kepada regulator” Tutupnya.

Facebook Comments
Reaksi Kamu?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Continue Reading

ARSIP BERITA

Trending